Jump to content
LutfiPP960

[GUIDE & DISCUSSION] Bagaimana cara untuk menjadi player yang baik dan berbobot?

Recommended Posts

hehe.png

 

We are community, not a company!

 

Guide sekaligus Diskusi bersama-sama tentang :

Bagaimana cara untuk menjadi player yang baik dan berbobot?

 

I. PENDAHULUAN

II. Masalah yang sedang dihadapi player?

III. LALU BIAR SAYA DIBILANG BAIK ITU GIMANA?

IV. AKHIR KATA

V. SUMBER PENDAPAT/JEJAK PENDAPAT

VI. MASUKAN DARI PLAYER / STAFF

 

 

  • Like 1
  • Top 1

Share this post


Link to post
Share on other sites

I. PENDAHULUAN.

 

Sebelumnya, maaf kalo tulisannya kurang bagus. Saya menulis ini sengaja semuanya berbahasa indonesia, agar lebih mudah dipahami dimengerti oleh seluruh player. Saya sudah memikirkan ini selama kurang lebih 1 (satu) minggu lebih, jika memang guide ini tidak bagus dan tidak bermanfaat saya minta maaf. Sesuai judul, topik ini dibuat atas dasar guide/petunjuk sekaligus diskusi bersama-sama player yang lain. Dan sebenarnya topik ini lanjutan dari topik topik yang sebelumnya pernah saya buat di diskusi sekaligus di post guide, dan saya sengaja untuk memperbaharui nya.

 

Asal usul tentang ide pembuatan topik ini adalah ketidaknyamanan saya melihat keadaan yang sekarang, jujur. Maaf, jika memang ini topik ini menyinggung beberapa pihak, jujur saya tidak bermaksud untuk menyinggung saudara, bahkan tidak juga bermaksud untuk menjatuhkan saudara. 

 

Topik ini akan membahas topik topik sebelumnya, dan semua berdasar pada Attitude/Sikap player kepada player lain. Tidak ada yang lain, apapun yang dibahas nanti, semua selalu berhubugan dengan sikap player. Omong-omong, saya tidak bermaksud untuk menggurui, dan bersikap seperti so paling bagus sikap kepada player, tapi saya juga ingin berdiskusi kepada saudara saudara sekalian, para patriot Jogjagamers yang bernaung dibawah naungan Reality Project atau Role Play. Sebenarnya untuk komunitas, tapi saya sengaja lebih condong kepada roleplay, karena saya melihat kejadian tersebut di server roleplay. Bahkan topik ini menjadi pelajaran tersendiri bagi saya, untuk memperbaiki sikap saya kepada player.

 

Terima kasih telah membaca pendahuluan ini, mungkin akan disambung dengan hal hal lain dibawah, pembahasan, diskusi dan lain-lain. Jika kamu tersinggung, silahkan PM forum saya di @LutfiPP960 dan kita bicara baik-baik.

 

Share this post


Link to post
Share on other sites

II. Masalah yang sedang dihadapi player?

 

Apa yang sedang dihadapi player akhir akhir ini? mungkin menurut saya hanya satu. Yaitu merasa tidak mau kalah, dan hanya berfikir bahwa saya dan teman teman saya harus menang di game ini. 

Terdengar menjijikan, memang. Game yang kita selalu mainkan untuk dijadikan hiburan diwaktu-waktu kepenatan dunia, malah menjadi ajang lomba antar player maupun kelompok. Karena hal tersebut akhirnya menimbulkan keributan antar player yang satu dengan player yang lain pada saat berurusan satu sama lain. Bahkan terkadang dengan cara-cara kotor, seperti :

  1. Ketika berhadap dengan player yang tidak sependapat dengan dirinya, player tersebut menyerang dengan cara memanggil teman-temannya, dan akhirnya player yang tidak sependapat dengan dirinya tersebut merasa di terpojok, dan akhirnya mengaku kalah. Sebenarnya bukan kalah, tapi diam untuk menang.
  2. Merasa kenal dengan salah satu staff JGRP, dan mengancam akan melaporkan hal tersebut kepada staff JGRP dengan tujuan membungkam orang yang berurusan dengan dirinya.
  3. Mencari cari kesalahan dengan player yang sedang berurusan dengannya, sehingga player yang sedang berurusan dengan dirinya merasa tidak nyaman bermain, dan akhirnya pergi.
  4. Merasa sok paling jago, sok paling keren, sok paling kece. Padahal jelek.
  5. Apabila dirinya kalah, dia meminta nomor whatsapp atau sosial media yang bisa dihubungi untuk mengajak bertemu dan menyelesaikan masalah tersebut dengan kekerasan. INI YANG PALING BEGO.

 

Mungkin kita ga sadar, tapi ini yang saya amati selama beberapa bulan kembali bermain JGRP. Jika kamu mengaku pintar, baik dan berbobot tapi kamu masih melakukan 5 hal diatas, kamu bukan player yang baik versi saya. Saya akan bahas 5 butir diatas, dan saya akan memberikan saran yang lebih baik.

  1. Jika kamu benar, silahkan keluarkan argumentasi kamu secara sopan dan santun tanpa menyinggung perasaan player tersebut. Tidak perlu memanggil pasukan atau circle kamu yang ada di grup sosial media, cupu. Sendiri aja, kalo emang bener. Buat orang yang memang menurut kamu salah itu diam dengan argumentasi kamu sendiri, jika tidak selesai dan hanya menimbulkan perdebatan, silahkan lanjutkan di PM forum atau bahas bareng-bareng dengan player lain di forum Discussion. Itu lebih baik, daripada lo manggil orang buat nyerang, buat apaan? ga guna.
  2. Kamu kenal dengan staff JG:RP ? Oh bagus, kamu bisa tanya tanya ke dia kalo kamu salah, terus bisa sering diskusi sama dia, banyak hal yang bisa kamu dapatkan jika kenal dekat dan baik dengan staff JG:RP, tapi jangan memanfaatkan nama staff tersebut buat kamu menang, ga baik. Kasian atuh staff nya, udah mah mendedikasikan waktu dan tempat untuk JGRP tanpa digaji sepersen pun, disuruh bantuin kamu juga dalam satu masalah dengan tanda kutip "MEMBELA ".
  3. Udah tau arahnya kemana? iya PPKO. Ini udah sering banget cuy. Asli, udah gausah ditanya lagi. Bahkan menurut saya ini masalah terbesar yang menyebabkan attitude dan sikap player tersebut menjadi buruk. Selain sifat PPKO ini mengurangi player yang ada di JGRP, sifat PPKO ini menjadi ajang utama untuk show off/Pamer bahwa saya yang paling mengerti dan pintar. Bahkan si PPKO ini terkadang kena batunya sendiri, melaporkan orang yang menurut dia salah ketika ditanya oleh staff, dia ngotot bahwa dia benar, dan staff memberikan jawaban lain bahwa dia yang salah. Akhirnya si PPKO ini di banned, miris.
  4. Keren bawa Sultan ke Sweeper, jago waktu RP crash sama newbie, kece waktu ngeliat newbie ga RP crash langsung /report MIN, INI ADA YANG GA RP CRASH, TOLONG TINDAK YAH! Hilih, ga sama sekali lu ganteng, justru eneg liatnya. Orang ga tau apa-apa bukan diajarin, malah dihina, di cari-cari kesalahannya. Buang-buang player, merasa dirinya pertama kali main roleplay langsung bisa dan paham.
  5. Ini nih yang paling bego, ribut gara-gara game. Ini parah banget, ibarat orang lain udah kering dia baru nyebur. Ketinggalan jaman bre, ribut gara-gara game. 

 

Dari masalah diatas kalian pahami, apa yang selama ini kalian lakukan. Pada tahap selanjutnya saya akan memberikan petunjuk menjadi player yang baik. Ini cuma pemanasan, lanjut baca ya jangan diskip.

  • Like 1
  • Top 1

Share this post


Link to post
Share on other sites

III. LALU BIAR SAYA DIBILANG BAIK ITU GIMANA?

 

Simpel, kita masuk ke topik pembahasan yang saya ingin tulis dari satu minggu lebih.

 

A). LEBIH SENANG BERDISKUSI ATAU BERDEBAT DARIPADA MELIHAT PLAYER LAIN DIHUKUM.

 

Seperti yang saya bilang sebelumnya, diskusi bahkan debat itu baik. Karena kedua hal tersebut, akan membuat fikiran kita lebih terbuka untuk kedepannya dan lebih berhati-hati dalam melakukan sesuatu agar tidak melanggar peraturan atau hal hal yang sudah di diskusikan sebelumnya. Untuk berdebat, mungkin lebih berhati-hati ya, karena hal ini akan membuat kita baper/membawa perasaan. Kalau memang sudah tidak bisa berdiskusi, silahkan berdebat. Dan perdebatan hanya melempar argumentasi, bukan sentimen. Seperti signature yang saya tulis dibawah, dan dikemukakan oleh Rocky Gerung, S.Fil mantan dosen Filsafat Universitas Indonesia dan seorang bapak akal sehat Indonesia menurut versi saya dan orang kebanyakan. Dalam berdebat, keluarkan semua argumentasi kamu, keluarkan semua kata-kata yang berhubungan dengan topik pembahasan atau masalah yang kalian hadapi dengan baik, sopan, santun dan tidak menyinggung pribadi. Seperti apa hal-hal yang menyinggung dan salah dilakukan dalam berdebat?

  1. Membawa bawa masalah player tersebut bahwa player tersebut pernah terkena hukuman dari staff JGRP. Contoh : Player A bersitenggang dengan player B, tiba-tiba player A mengatakan (( Ah lo pernah dibanned sama helper Lutfi soal Terorisme, nyadar diri lah ngajak gue debat tapi lo sendiri pernah ngelanggar! )). 
  2. Berkata kasar kepada player tersebut, sehingga player yang sedang menikmati diskusi dan debat malah tersinggung. Contoh : Player A dan Player B sedang berdebat dan berdiskusi, tiba tiba player A mengatakan (( Ah lo bodoh amat, gue daritadi cape cape jelasin, lo denger ga si tolol? )). 
  3. Membawa nama salah satu staff JG:RP bahwa hal tersebut tidak diperbolehkan. Contoh : Player A dan Player B sedang berdebat, tiba tiba Player A mengatakan (( Eh, tapi waktu itu helper Lutfi pernah bilang kalo rampok trunk gaboleh, karena ga realistis. Kan yang dibutuhin perampok uang, bukan bagasi. ))
  4. Egois, udah ditulis dalam rules dan sudah dipantenkan oleh HC Admin, malah didebatin dan pernyataannya gajelas. Contoh : Player A dan Player B sedang berdebat, Player A sudah bilang bahwa hal tersebut sudah tertera dirules, tapi player B malah mendebat bahwa rules itu salah dan mengatakan (( Sekarang gini bre, secara roleplay orang yang lompat dari ketinggian itu masih bisa bangun, kan di real life orang bisa aja nabrak orang yang ada dibawah, akhirnya orang yang dibawah itu ketimpa, dan dia gajadi mati akhirnya bangun dan lari)).

Ke empat butir tersebut menurut saya akan mengacaukan diskusi dan perdebatan, dan akan stop seketika karena salah satu dari Player A dan Player B tersebut akan menghentikan diskusi dan debat karena menurutnya sudah keluar jalur atau Out of Topic.

 

B). LEBIH SENANG MEMBERITAHU DARIPADA MELAPOR.

 

Ini lanjutan dari diskusi yang saya buat, saya mendapatkan beberapa kata dari player. Sebelumnya saya ingin bertanya kepada kalian, kita buka wawasan sedikit ya.

  1. Apakah player yang melakukan pelanggaran, sementara kamu tidak dirugikan sama sekali secara materil maupun secara materi sangat harus dilaporkan? Contoh : Player A lagi jalan jalan nyari asell di Richman, tiba-tiba datang player B dari arah berlawanan, dan lompat dari atas jembatan Richman kearah Dilimore.
  2. Apakah newbie yang melakukan pelanggaran kecil wajib dilaporkan? Contoh : Ada newbie selesai melakukan pekerjaan trashman atau sweeper, tiba-tiba menghampiri anda dan berkata secara In Character : Pak! tadi ID 10 ngisengin saya, cara buat laporin dia ke admin gimana ya?
  3. Apakah orang yang sudah mengakui kesalahannya setelah diberitahu, wajib dikatakan "RULES IS RULES" ? Contoh, Player A melaporkan player B tentang rules Metagaming, ketika staff datang dan Player A memberitahu kepada staff tersebut, dan Player B meminta maaf kepada player A berikut staff yang ada, tapi player A tidak menunjukan sikap yang bagus, malah mengatakan : (( Saya maafin min, tapi rules is rules )) 

Tiga butir aja ya, jawab dibawah. Kira-kira pendapat kalian apa soal tiga hal tersebut?

 

Jika menurut saya, ketiga butir tersebut jawabanyak TIDAK.

Kenapa?

  1. Orang ga ganggu kamu, ngapain direport? buang buang waktu!
  2. Gapernah jadi newbie ya? keren!
  3. Udah lo maapin kan? ngapain minta dihukum? keras!

 

C). TIDAK MUDAH EMOSI ATAU MARAH.

 

Kalo ini ga saya kasih opsi, tapi saya kasih penerangan aja. Kadang kita emang suka emosi ya kalo orang susah dikasih tau, atau tidak sependapat? karena rata-rata pemain Jogjagamers Reality Project dibawah 17 tahun, emosinya masih meledak ledak. Paham banget sih, tapi sekali lagi. Disini kita mengajarkan untuk memiliki sikap yang baik. Kita disekolah diajarin sama guru, bahwa kita harus memiliki sopan dan santun kepada orang tua, guru dan teman. Teman bukan hanya dalam lingkup real life, kita main game itu tandanya kita bisa menyebut teman kepada member Jogjagamers juga. Kita juga diajarin sama guru guru spiritual atau Agama kita, kalo marah ingat sama Tuhan, sebut nama Tuhan didalam hati kita, dan perasaan emosi dan marah yang kita lagi alami akan dihilangkan oleh Tuhan. Ingat ya, emosi itu tidak baik, marah marah gajelas apa lagi. Ga baik. Selain menimbulkan darah tinggi, emosi atau marah yang berlebih menimbulkan kita dijauhi oleh orang-orang disekitar kita, di real life atau di game pun sama. Dikit dikit kita marah, dikit dikit kita emosi, siapa yang nyaman? bahkan dalam hal hubungan antara pria dan wanita atau pacaran atau menikah juga ga bagus loh! Nanti cepet putus atau cerai kalo mudah marah. Tidak ada keharmonisan nantinya dalam kisah cinta kita. Asik.

 

Jadi orang santai aja, rileks. Gaperlu menggebu gebu, kalo saran saya banyakin dengerin lagu Indie seperti fourtwnty dan Jason Ranti. Bikin rileks dan ketawa ketawa, haha.

 

D). JIKA SUDAH TERBUKTI SALAH, GAPERLU NGOTOT.

 

Disini, juga saya gausah kasih opsi, kasih penerangan aja sedikit.

Udah debat? udah diskusi? udah panggil staff? eh, tiba-tiba kamu yang terbukti salah! Akui kesalahan tersebut, minta maaf atas kesalahan tersebut, dan minta keringanan apabila sudah terlanjur direport. Itu yang akan menolong kamu, kalau ternyata kamu harus dihukum, yasudah. Mungkin pelapor merasa dirugikan, dan tidak mau memaafkan kesalahan kamu. Terima hukuman tersebut, dan pelajari hal yang kamu langgar. Pikirin selama di penjara OOC, dan buka buka rules JG:RP lagi, agar kamu tidak melakukan kesalahan yang serupa kembali dilain waktu. Jangan malah kamu terus ngotot, dan akhirnya menimbulkan masalah baru. 

 

E). TEBARKAN KEBAIKAN SESAMA PLAYER DAN BUAT ROLEPLAY KREATIF SAAT GABUT/BOSAN.

 

Sama, saya gakasih opsi, penerangan sedikit.

Banyak banyakin roleplay yang family friendly atau roleplay yang bersahabat dan tidak menimbulkan masalah. Buat roleplay yang kreatif bersama player lain, ajak player lain disaat kalian sedang bosan. Bareng-bareng aja, tapi perhatikan rules yang ada. Jangan dilanggar.

Saat gabut atau bosan, jangan selalu di isi dengan roleplay rampok atau ngetroll. Kenapa?

Kita sama-sama tahu, perselisihan dan keributan banyak terjadi di roleplay perampokan. Kalo bisa kita hindari aja, jangan selalu di isi rampok.

Untuk masalah ngetroll, silahkan. Saya ga munafik, saya juga seneng ngetroll. Tapi liat situasi dan kondisi, kalo situasinya emang bener-bener gabut gaada roleplay dan kondisi di tempat cuma ada kamu dan teman teman kamu. Tiba tiba teman kamu memulai trolling, silahkan. Kalo trolling nya pake /me dan /do silahkan, kalo bunuh bunuhan jangan minta heal kalo mati. Kamu yang seneng, kita yang heal, bjir.

Kalo bisa sih dibuat kreatif ya kalo gabut. Apa aja, terserah. Mau RP nyolong ATM kek, mau RP bikin camping kek, mau RP bakar bakar ayam atau ikan kek, terserah. Dan biar tambah ada rasanya, kalian selipin troll sedikit, biar panjang RP kreatif kalian. Misal, kalian RP camping, terus kalian buka tenda setelah itu mau buat api unggun sekalian bakar ayam yang udah di bawa dari kota, kalian cari tuh kayu di hutan Whestone, terus sedikit troll dengan /do Terlihat ada setan di jalan. Apa kek lah, akhirnya kalian lari lari. Mantep ya, yuk lah kita lakukan lagi, udah jarang tuh.

 

F). JANGAN KEBANYAKAN DRAMA AH, CUKUP KOREA AJA!

 

Banyak drama ya sekarang? udah cukup! Karena ketidaksukaan atau ketidaknyamanan kalian kepada satu orang, kalian blowup diforum akalian permalukan, bahkan kalian laporkan. Akhirnya drama dimulai.

Gini aja simpelnya.

Karakter kamu = Tanggung jawab kamu.

IP kamu = Tanggung jawab kamu.

IP warnet = Tanggung jawab bersama.

Pastikan kalian tidak melakukan hal-hal yang aneh, biar ga dibanned. 

Dan untuk anak warnet, pastikan semua teman-teman kalian ga buat aneh-aneh, hati-hati. Perhatikan, dan jadikan IP kalian itu tanggung jawab bersama. Jangan sampe kena banned, ntar kalian gabisa main. Yang rugi kalian juga. Kalo emang teman kalian baru main, diajarin dipandu diperhatiin, namanya orang baru maen maunya bunuh bunuh aja, jadi diperhatiin lagi yak!

 

Note : Segini dulu, opsi lain akan saya tambahkan ketika saya mendapatkan kata-kata lagi atau dari reply kalian.

 

 

Share this post


Link to post
Share on other sites

IV. AKHIR KATA

 

Pada akhir kata atau kesimpulan, saya hanya ingin menekankan kepada player JG:RP khususnya, untuk lebih menjungjung tinggi rasa perdamaian dan menebarkan rasa pertemanan diantara kita. Kita bermain bersama di naungan Jogjagamers, dan bermain dalam server Roleplay dengan nama Jogjagamers Reality Project. Mari sama sama berteman, lupakan kompetisi tentang menang dan kalah, tentang pandai dan bodoh. Semua sama. Terima kasih kepada kalian yang sudah support saya dalam beberapa hal, termasuk dalam beberapa diskusi yang saya buka. Banyak perubahan yang saya lihat dari beberapa player, banyak juga yang sudah kalian buat kepada server. Mungkin sebelum diskusi itu saya buka, kalian sudah melakukannya lebih dulu daripada saya, terima kasih. 

Oh iya saya mau ingatkan sekali lagi ya, ini bukan hanya topik yang bersifat guide tapi kita bisa berdiskusi bersama-sama disini. Saya tidak butuh komentar "SUPPORT!!!!!!!!!!!!!!!!!!!" atau apapun itu yang berhubungan dengan 1 kalimat gajelas. Jika kalian mendukung, mari berdiskusi dan minta saya tambahkan kata-kata kalian diatas. Kalimat kalian yang bagus, pemikiran kalian yang bagus akan membantu player lain. 

 

Bagi yang ga suka, sekali lagi PM forum @LutfiPP960 jangan nyampah ditopik.

 

Terima kasih gays, we are community not a company!

Share this post


Link to post
Share on other sites

VI. MASUKAN DARI PLAYER / STAFF

 

POST INI DI PESAN UNTUK MENDAPATKAN KOMENTAR BAGUS DAN PESAN PESAN YANG TIDAK DITAMBAHKAN DIATAS, NAMUN AKAN DITAMBAHKAN DISINI.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Share this post


Link to post
Share on other sites

Bener banget. Menurut gue, coba kita sama - sama pikir. Bisa sejauh mana level kualitas Roleplay kita, kalau kita sama - sama memberitahu, bukan melapor.

 

Untuk ngajarin Roleplay sampe paham, kadang Newbie School aja punya waktu yang terbatas. (Sama seperti belajar disekolah, waktunya terbatas juga, jadi paling enak belajar Roleplay itu sendiri. Ikut NS pas udah belajar, gak bener bener 0 diotak. Lebih ke memastikan informasi yang kamu cerna itu valid dengan staff JG:RP dan buat nanya2 banyakkin)

Sekalinya dilepas di dunia Roleplay, salah dikit, di report. Padahal masih proses belajar. Jumlah admin pun terbatas, ngajarin Roleplay gak kayak ngasih informasi 1 kali terus player ingat selamanya. Musti berulang kali.

 

Terus, gimana? ya, benar, seperti kata bung @LutfiPP960, memberitahu. Kalo 1 player ngasih tau 1 player, kerjaan admin untuk ngajarin Roleplay jauh lebih mudah dan terbantu. Dan 1 player ini gak keberatan, karena dia ngajarin 1 player aja kok. Toh cuman ngasih informasi tentang RP dia yang salah. Supaya gak diulang. Gak sampe 10 menit. Gak perlu 1 player ngajarin 5 player kayak di Newbie School. Cukup kamu aja yang baca thread ini, ajarin 1 player. Tapi semuanya sama - sama. Kalo yang baca kedepan sampe 30, 40, 50. Lama - lama, semuanya rata. Kalo average player 150 - 250. Cukuplah playernya sama - sama keroyok ajarin mereka yang newbie.

 

  • Top 1

Share this post


Link to post
Share on other sites

Good Discussion btw, mager sebenernya buat ungkapin ini. Tapi ya karena gue baru balik main disini lagi jadi sekalian speak up aja deh yaa.. So far yang gue liat semenjak kembalinya gue bermain di server ini lagi, gue melihat player terlalu sibuk memperkaya diri dan play for no reason. Ketika lu ga menemukan ritme dalam karakter lu untuk roleplay sedangkan lu lagi main di server roleplay menurut gue itu hal yang cukup fatal. Kenapa? Pertama, lu bakal cepet bosen dan kedua ya lu bakal main sesuka lu aja tanpa mempedulikan player lain yang mungkin mendalami karakternya.

 

Terlalu banyak stereotype, terkadang beberapa player yang level karakternya udah diatas 7 ngerasa besar kepala dan beberapa dari mereka tidak menghargai pemain baru atau pemain level rendah. Karena mereka besar kepala dan sok jago, itu yang membuat suasana roleplay jadi risih. Tiba-tiba nanti /b padahal diciptain fitur /pm biar lu ga perlu /b saat RP, abis itu ngasih tau rules dengan ancaman "Awas lu nanti kalau begini lu PG". Yow, as long as si player level rendah itu tidak melakukan kesalahan dan dia roleplay sebagaimana mestinya, yaudah nikmatin aja. Ga usah tiba-tiba nyerobot seakan-akan anda mendikte dia untuk roleplay. Dude, you're not the mentor.

 

Tanggung jawab terhadap karakter dan teman-temannya, ini juga menjadi sebuah permasalahan yang menurut gue selalu terjadi dan bahkan gue udah sempet berhenti main terus sekarang balik lagi juga tetep masih ada. Karakter anda, UCP anda, IP Address anda, bahkan id forum anda adalah tanggung jawab anda sendiri sepenuhnya. Jadi, coba dipikir-pikir ulang ketika ingin melakukan sebuah tindakan, lakukanlah dengan bijaksana. Lalu, teman-teman kalian yang kalian ajak main ke dunia roleplay dan lebih spesifiknya kalian ajak main di JGRP, sebenernya tanggung jawab kalian. Kenapa gue bilang tanggung jawab kalian, karena kalian sebagai orang yang ngajak seharusnya wajib untuk mengajarkan dia basic RP, basic rules server, sebelum anda melepasnya dan membiarkannya melakukan segala hal yang nantinya bisa merugikan anda juga kalau bermain di 1 IP Address.

 

Itu aja sih dari gue buat para player, kalau untuk para Volun,Helper dan Admin. Ya, gue harap bisa jadi contoh buat para player, yang mau kita bentuk itu komunitas game bukan kompetisi game atau turnamen. Nick merah anda di in-game dan Nick ungu anda di forum tidak menutup kemungkinan kalau kalian bisa saja salah, wajar namanya juga manusia masa bener terus. Jadi, jangan pernah menutup peluang bila player ingin melakukan perdebatan sehat, mengajak diskusi atau mungkin juga mengkritik kesalahan anda. menjadi bagian dari Staff JGRP adalah tanggung jawab bukan ajang buat gaya-gayaan atau pamer ke player lain. Kalau mau gaya-gayaan mah jadi model ae! HAHA! sry, if I'm too salty.

 

Semoga bacotan santuy gue di pagi hari ini bisa dinikmati sembari sebat dan nyeruput kopi.

Peace out!

  • Like 1
  • Top 2

Share this post


Link to post
Share on other sites

Mungkin kedepannya harus ngumpulin relawan disatu grup whatsapp khusus newbie bung @Javanicus66 jadi tanya jawab bebas disitu.

 

Saya sudah muak dengan PPKO :(

Share this post


Link to post
Share on other sites
On 21/2/2020 at 08.30, DEDRIC said:

Good Discussion btw, mager sebenernya buat ungkapin ini. Tapi ya karena gue baru balik main disini lagi jadi sekalian speak up aja deh yaa.. So far yang gue liat semenjak kembalinya gue bermain di server ini lagi, gue melihat player terlalu sibuk memperkaya diri dan play for no reason. Ketika lu ga menemukan ritme dalam karakter lu untuk roleplay sedangkan lu lagi main di server roleplay menurut gue itu hal yang cukup fatal. Kenapa? Pertama, lu bakal cepet bosen dan kedua ya lu bakal main sesuka lu aja tanpa mempedulikan player lain yang mungkin mendalami karakternya.

 

 

setuju sih gue sama ini. apalagi players yg level level tinggi kerjanya cuman mm, gak tau kapan otak mereka kebuka untuk bergabung disebuah faction ilegal/legal, dan begitu juga dengan admin adminnya, entah kenapa kebanyakan beroleplay difaction legal doank.

Share this post


Link to post
Share on other sites
10 minutes ago, aritonang said:

setuju sih gue sama ini. apalagi players yg level level tinggi kerjanya cuman mm, gak tau kapan otak mereka kebuka untuk bergabung disebuah faction ilegal/legal, dan begitu juga dengan admin adminnya, entah kenapa kebanyakan beroleplay difaction legal doank.

 

That's not the point actually, mereka bebas memilih Role yg ingin mereka mainkan. Jika emng gamau gabung faction karena keterbatasan waktu, itu tidak masalah sama sekali. Tetapi tolong RP jadi civil/warga selayaknya warga pada umumnya, yang masih sering gue temukan adalah warganya lebih galak dari faction ilegal 🤣🤣 that's not realistic.

Share this post


Link to post
Share on other sites
On 2/22/2020 at 12:28 AM, LutfiPP960 said:

Mungkin kedepannya harus ngumpulin relawan disatu grup whatsapp khusus newbie bung @Javanicus66 jadi tanya jawab bebas disitu.

 

Saya sudah muak dengan PPKO :(

Ban aja bang kalau dah muak den PPKO

On 2/22/2020 at 1:01 PM, aritonang said:

setuju sih gue sama ini. apalagi players yg level level tinggi kerjanya cuman mm, gak tau kapan otak mereka kebuka untuk bergabung disebuah faction ilegal/legal, dan begitu juga dengan admin adminnya, entah kenapa kebanyakan beroleplay difaction legal doank.

Yap betul tuh bro

Share this post


Link to post
Share on other sites

Ya namanya juga kita sebagai manusia, pasti punya perbedaan, ga semua orang itu bakalan bener kedepannya kalo dia gamau ubah sikap dan perilakunya.

 

Kita harus saling mengingatkan dalam kebaikan, karena manusia tidak bisa hidup tanpa orang lain atau makhluk sosial.

Share this post


Link to post
Share on other sites
Posted (edited)

Gue pengen cerita pengalaman gue pertama kali main di JGRP, okelah dulu pernah main MTA sekali tahun 2014an dan baru main lagi Maret kemarin. Otomatis gue cuman ada bekal dikit dikit aja tentang IC OOC, PG, MG dsb rules dasar nya gue tau lah. Pertama kali bikin karakter, gatau harus ngapain, nanya admin kalo lv1 enaknya ngapain aja, kerja atau gimana, ada yang jawab kerja aja jadi sweeper, yaudah gue turutin tuh kerja sweeper terus, eh tiba tiba ada 1 orang entah siapa bilang di OOC "Baru ya ? sini ikut gua" terus di IC "Gua kasih kerjaan" ya otomatis newbie kayak gue tergiur dong karena bosen juga keliling keliling bersihin jalan. Eh dia bawa keantah beranteh, jauh banget dari kota bahkan gaada bangunan sedikitpun, ya gue bingung dong disitu pengen /report tapi itu IC, mau jalan kaki jauh banget, yaudah dengan polosnya gue bunuh diri berharap respawn di rumah sakit, ternyata ngga wkwk nunggu 3menit dah tuh, udahmah darah low, jalan kaki pula, makin ribet. Nyampe kota gue cari cari kerjaan lagi, dan liat bus driver yang harus lv3 dulu, dari lv2-3 gue abisin afk doang sambil nungguin saking gatau nya pengen ngapain, gaada high level yang nyoba approach juga, gaada yang sapa atau apalah, ya gue masuk apartement dah disitu gue afk nungguin lv3 sambil sesekali kerja dan balik lagi ke game ngetik /afk doang biar playing hour nya tetep jalan. Sadis emang sih, pahit banget awal awal gue main.


Sekarang baru lv5 agak ngerti dikit dan punya kendaraan, kalo ketemu newbie yang lebih new daripada gue (gue juga newbie, gapernah bilang pro), gue coba angkut dia, tanyain ngapain disini dan kenapa, jawaban nya macem macem, ada yang lagi kerja truck sewaan terus truck nya dimalingin lah, ada yang nyari bandara tapi dia di flint pake sepeda, ada yang nanyain cara mancing, ada yang vespa nya ilang digondol orang lah, gue bantuin satu satu karena inget dulu gue ngerasain hal gaenak, yakali newbie yang ini juga ngerasain apa yang gue rasain juga, bener kata @LutfiPP960 newbie ini butuh bimbingan, jangan lah main report report atau malah dijailin, beberapa newbie yang gue rangkul sekarang masih online, dan mereka sering call gue dan nanyain lagi sibuk atau ngga nya, ini ngebuktiin kalo aktivitas mereka hampir gaada karena gaada player lain yang coba approach mereka.

Ayolah bagi para senior senior dan pro player pro player disini, kalo liat newbie dijalan, minimal tanya lagi ngapain disini, bantu mereka, jangan main jalan aja siapa tau mereka lagi kesusahan dan gatau pengen ngapain. gue yakin player jgrp banyak yang baru, bahkan mungkin lebih dari 50% nya baru (karena pertama kali main, main jam 2pagi itu dibawah 100player, dan sekarang 300+) rangkul mereka dan ajarin, jangan di troll atau dijailin, jangan dikit dikit report dikit dikit report juga, ajarin mereka rules nya, mau itu diarahin ke web atau diajarin langsung yang penting kasih arahan mereka, jangan ada newbie yang nabrak, terus gapake rp main report report aja (contoh kecil), kalo di jail ya mereka gatau apa apa. sekian cerita dari gue, gue harap pro player dan senior player disini bakalan lebih sudi untuk merangkul para pemain baru. terimakasih ~

Edited by BlackPanda

Share this post


Link to post
Share on other sites

Join the conversation

You can post now and register later. If you have an account, sign in now to post with your account.
Note: Your post will require moderator approval before it will be visible.

Guest
Reply to this topic...

×   Pasted as rich text.   Paste as plain text instead

  Only 75 emoji are allowed.

×   Your link has been automatically embedded.   Display as a link instead

×   Your previous content has been restored.   Clear editor

×   You cannot paste images directly. Upload or insert images from URL.


×
×
  • Create New...