Jump to content

Recommended Posts

Guide for MC

Introduction

Halo-halo semua, kali ini gua akan mencoba membuat 1 guide tentang MC. Guide ini akan menjadi guide yang sangat panjang untuk dibaca, jadi siapkan snack dan minuman anda saat membaca guide ini. Guide ini ditulis berdasarkan pengalaman roleplay saya, ilmu yang saya dapat dari teman-teman saat ber-roleplay, dan juga hasil membaca dari guide guide yang sudah ada mengenai rp sebagai MC. Semoga guide ini membantu kalian dalam ber-roleplay sebagai anggota Motorcycle Club.

 

Motorcycle Club

Spoiler

MC atau klub motor, seperti yang kita semua tau bahwa anggota MC bukanlah orang-orang dengan strata social yang rendah, ataupun para perampok berkeliaran yang menggunakan motor. Biker adalah orang-orang yang percaya dengan “hukum mereka” , dapat didefinisikan bahwa biker adalah “Brotherhood, honesty, courage, teamwork.

 

Church & Vote Information

Spoiler

 

Disaat chruch, patch kita tidak terlalu dihiraukan. Semua berhak buat ngasih pendapatnya masing-masing. Meja chruch anggap aja sakral, ruangan harus bersih dari rat/snitch, bersih dari penyelundupan federal ( biasanya diantisipasi dengan ngumpulin hp terus ditaro di suatu tempat, gaboleh deket meja ) Semua debat, perbedaan vote dan perselisihan diatas meja dilarang dibawa keluar ruangan chruch. Semua plan yang akan dilakukan bakal diambil vote terlebih dahulu ( dapet pengecualian di situasi tertentu )

 

'Proxy' itu suara dari para anggota yg gabisa menghadiri chruch, tanyainnya bisa via line/wa/facebook aja tapi kalo dia ig tp gabisa dtg chruch karena masalah ic, proxy harus diambil dgn cara temuin orangnya.( pengambilan proxy harus org suruhan dr president )

 

Sekalian gw mau share type2 vote yg agak berat buat dilakukan, ini yg gw tau

 

1. Officer Challange vote - Vote ini biasanya dipake buat pergantian SO ataupun pergantian President, si penggugat harus bertanggung jawab atas gugatannya dan biasanya si penggugat ini jg yg bakal ngegantiin posisi si yg digugat. Bukti dan situasi harus kongkrit, keputusan diambil dari vote terbanyak.

 

2. Mayhem vote

Mayhem vote itu vote buat hukuman force CK dari kesalahan fatal yang dibuat oleh anggota, misal pembunuhan sesama anggota ataupun pengkhianatan.

Vote harus berlangsung unanonymous, keputusan diambil jika semua memvote 'yes'.

Credits: Akbar

 

 

Role

Spoiler

 

Hangaround

Hangaround adalah tahap pertama anda menjadi bagian MC. Anda adalah seorang tamu di club. Selama tahap ini club akan menempatkan anda seakan akan anggota MC menginnginkan anda berada di dalam club, anda akan di perlakukan cukup baik pada tahap ini. Banyak sekali terjadi kesalah pahaman dalam hal ini, dimana para patched member memperlakukan hangie (sebutan untuk hangaround) sebagai budak, membuatnya melakukan dirty works dari club mereka.

 

Sebagai seorang hangie, kalian haruslah mempunyai dedikasi yang tinggi dan juga memiliki loyalitas kepada club, nikmatilah roleplay sebagai hangie, buatlah development yang menarik, dan akan lebih menyenangkan lagi jika kalian bisa mendapatkan sponsor didalam club.

 

Sebagai hangie, kalian akan diberikan kesempatan “mencoba sebelum membeli” yang artinya kalian bisa melihat dan menyaksikan MC itu ber-operasi sebelum akhirnya kalian terjun untuk ber-operasi bersama para patched member. Hal yang paling sulit saat menjadi hangie ialah, kalian tidak terikat dengan club. Yang artinya, saat kalian ada masalah, club tidak akan membantu kalian.

 

Prospect

Prospect, umumnya orang orang memanggil-nya prossie. Ini adalah tahap kedua kalian saat ingin bergabung dengan MC. Saat kalian akan diangkat menjadi seorang prospect, biasanya club akan mengadakan church dan menempatkan nama anda didalam church tersebut, jika memang kalian cocok, maka para patched member akan mengeluarkan hak suara mereka untuk memasukkan anda kedalam club sebagai seorang prospect. Biasanya untuk menjadi seorang prospect, semua patched member tidak harus berkata “yes” untuk anda. Ini pun tergantung dengan keputusan club anda.

 

Tahap ini bisa juga disebut tahap probationary atau tahap percobaan, disini kalian harus menunjukkan dedikasi kalian sampai akhirnya nanti bisa menjadi patched member. Kalian akan diharapkan untuk selalu ada 24 jam (paling gak, sering online), dan selalu ada untuk club. Kalian disini akan diperlakukan seperti babu, melakukan apa yang patched member katakan, apa yang mereka suruh.

 

Hargai setiap orang didalam club, ini adalah sesuatu yang wajib. Kenalilah setiap orang didalam club, bersahabatlah dengan salah satu diantara mereka. Jika kalian sudah mendapatkan sponsor, maka dia-lah yang “bertanggung jawab” dengan kalian. Jika selama menjadi prospect kalian mendapatkan masalah, atau mengalami kesulitan, maka dialah orang yang kalian tuju untuk membantu menyelesaikan masalah.

Biasanya masa prospect ialah 1 atau 2 tahun, tergantung dengan club kalian. (IRL mungkin 2 minggu – 1 bulan)

 

Patched Members

Patched members, adalah anggota club. Setelah menjadi prospect, nama kalian akan ditempatkan kembali dan memulai perhitungan suara agar kalian bisa menjadi patched members. Biasanya untuk menjadi patched members, seorang prospect harus mendapatkan 100% “yes” dari setiap patched members yang sudah ada. Hal ini dikarenakan, saat kalian semua menjadi seorang patched members, kalian akan diberlakukan layaknya seorang saudara, mereka yang memberikan suaranya harus mempercayai kalian dengan nyawa mereka. Peran patched members sangatlah besar dalam setiap MC.

 

Jika kalian sudah menjadi patched members, kalian berhak untuk menghadiri church, dan berhak untuk memberikan suara dan pendapat kalian dimeja (Saat prospect, kalian dilarang untuk menghadiri church, ini tidak mutlak, beberapa kejadian di IC memungkinkan kalian sebagai prospect untuk berada didalam ruangan church bersama para patched members)

 

Old Ladies

Menjadi pacar/istri seorang patched members bisa dikatakan susah-susah gampang. Jika kalian ingin me-roleplaykan sebagai seorang pacar/istri dari patch members, kalian harus diakui di dalam club tersebut. Yang artinya patched members harus memberitahu posisi kalian saat church. Ini untuk menghindari anda dirayu oleh anggota lain. Saat kalian resmi menjadi Old Lady, kalian diperbolehkan menggunakan patch, biasanya bertuliskan “Property of ….” Ini artinya anda adalah “barang” dari orang tersebut, yang berarti orang lain di dalam club tidak boleh “menyentuh” kalian.


Old Lady akan dianggap sebagai keluarga dan dilindungi oleh club, tetapi Old Lady bukan bagian dari club (artinya tidak dapat mengikuti church). Old Lady mendapatkan rasa hormat diantara anggota MC lainnya.

 

 

 

Positions

Sebagai anggota club motor, terdapat banuak sekali posisi yang dapat dicapai oleh seorang patched members. Posisi ini akan menentukan kearah mana club tersebut akan berjalan, dan biasanya dikenal sebagai “petugas” club. Mendapatkan posisi tertentu, artinya kalian mempunyai hak dan tanggung jawab lebih diantara patched members biasa. Berikut adalah posisi/pangkat yang mungkin saja bisa kalian dapatkan sebagai patched members

 

Spoiler

 

President

President adalah boss dari club tersebut, president lah yang mengatur jalannya club, orang yang berhak mengetuk palu saat church berlangsung. Ada juga Mother Chapter, biasanya ini ialah Chapter pertama dari MC tersebut/Chapter yang memimpin. Selain itu ada juga National President, adalah orang/anggota dengan rank tertinggi di level nasional.

 

Vice President

V. President sama seperti President, dia adalah tangan kanan President. Perannya kurang lebih sama, mengambil posisi President jika mengundurkan diri dan mengambil alih tugasnya ketika President tidak dapat memenuhi tugas tersebut.

 

Sergeant At Arms

Sergeant At Arms atau SGT AT ARMS, adalah salah satu pangkat yang cukup penting didalam club. Dia yang mengatur semua keamanan didalam club, mengatur soal persenjataan dan melaporkannya jika ditanya President mengenai data data persenjataan. Dia juga bertindak sebagai penasihat President, memberikan saran kepada President maupun anggota lain dalam pertahanan atau keamanan club. Dia juga memiliki pasuka sendiri yang bernama “Enforcer”

 

Treasure

Treasure adalah orang yang memegang uang, dia adalah orang yang bertanggung jawab atas semua pinjaman, hutang, pembayaran, dan juga menjaga kas club. Treasure juga adalah orang yang bertanggung jawab untuk meminta iuran kas club dan memastikan setiap patched members membayar iuran tersebut.

 

Secretary

Secretary akan bekerja dekat dengan Treasure (Biasanya dalam satu MC, hanya dipakai Secretary saja, karena tugasnya yang fungsional dan bisa merangkap jadi Treasure). Singkatnya ia adalah orang yang bertanggung jawab mengurus semua dokumen club.

 

Road Captain

Road Captain, dia adalah orang yang bertanggung jawab saat dijalanan. Singkatnya ia adalah SGT AT ARMS saat dijalanan. Bertugas untuk mengatur rute perjalanan, dan juga seorang RC berkendara disamping president dan memberikan saran dalam memimpin formasi.

 

Enforcer

Enforcer, adalah pasukannya Sergeant At Arms. Mereka mengikuti perintahnya yang arahannya datang dari President. Tugas mereka hampir sama dengan SGT AT ARMS, menbantu mempersiapkan keamanan club, mengamankan club, dsb.

 

Nomad

Nomad adalah anggota club yang berpergian dari chapter ke chapter lainnya, tidak terikat dengan 1 chapter (Dalam kebanyakan kasus, Nomad adalah orang-orang in-active di server, sehingga mendapatkan Nomad dengan alasan IC)

 

 

 

Dictionary

Spoiler

 

1%er = The term was first used in the 60’s to describe some of the people that attended the motorcycle events back then. The American Motorcycle Association stated that 99% of the people at their events were god fearing and family oriented. The other 1% were hard riding, hard partying, non-mainstream type people.

Ape Hangers = High handlebars so Biker's hands are at or above their shoulder height

Backyard = Where you ride often, your territory

Baffle = Sound deadening material that sits inside a muffler and quiets the exhaust note

Blockhead = The V-twin engine Harley produced 1984 -2000

Boneyard = Salvage yard for used bikes & parts

Brain Bucket = Small, beanie-style helmet

Broad = A female member at the club. She may be an old lady, dancer, waitress or at times a prostitute.

Broken Wings = a patch meaning the rider has been in a crash.

Burnout = Spinning the rear wheel while holding the front brake.

Cage = Automobile, Truck, Van... Anything that's not a motorcycle.

Cager = Automobile Driver

Chopper = Bike with the front end raked out or extended out.

Church/Chapel = A room in a Clubhouse specifically for meetings and voting

Clone = A motorcycle built to resemble and function like a Harley-Davidson motorcycle without actually being a Harley-Davidson motorcycle

Colors = M/C Back-patch

Crash Bar = Engine Guard

Crotch Rocket = Sport bike (Eg: FCR's, PCJ's)

Custom = Custom built bike

Cut = Vest with Club Colors

DILLIGAF = Patch meaning "Do I Look Like I Give A Fuck?"

Drag Bars = Low, flat, straight handlebars

Evo / Evolution = The Evolution engine (V-Twin, produced from 1984 to 2000)

Fathead = The Twin-Cam engine (V-Twin, produced from 1999 to Current Day)

Fender = A female passenger who is not an Old Lady but simply a lady a biker has invited for a ride.

Flathead = The Flathead engine (V-Twin, produced from 1929 to 1972)

Flash Patch = Generic patches usually sold at swap meets and shops. (Sons use many politically incorrect Flash Patches)

Flying Low = Speeding

FTW - Fuck The World or to some, Forever Two Wheels

Hard Tail = A motorcycle frame with no rear suspension

Independent = Someone not a part of any club or group, but normally a part of the biker culture.

Ink = Tattoo

Ink-Slinger = Tattoo Artist

Knuck / Knucklehead = The Knucklehead engine (V-Twin, produced from 1936 ? 1947)

Leaving Your Mark = Oil puddle on the ground where you parked your bike

MC = Motorcycle Club

OEM = Original Equipment Manufacturer (Commonly referred to as Stock)

Ol' Lady = A woman declared by a club member to be 'theirs'. Usually done for girlfriends and wives to prevent members hitting on another members woman.

Pan / Panhead = The Panhead engine (V-Twin, produced from 1948 ? 1965)

Pillion Pad = The passenger seat

Pipes = Exhaust System

Plugs = Spark Plugs

Pucker Factor = Refers to how tight your ass got on a close call

RC = Riding Club

Rags = Also used to refer to Cut or Colors. In some areas it's used only when referring to a woman's colors.

Rat Bike - Usually an older bike that doesn't look like it's been taken care of at all.

Revolution = The Revolution engine, Harley-Davidson's first water-cooled engine (V-Twin, produced from 2002 ? Current Day)

RICO = (Racketeer Influenced and Corrupt Organizations) Laws passed for Law Enforcement to combat organized crime such as the mafia that are also used against some MC's

Ridin' Bitch = Riding as Passenger

Road Name = Also known as handle. Name given to to someone by his Brothers/ friends. Usually given after some kind of incident or something they would associate with that person.

Rocker = Part of M/C colors which usually designates geographic location or territory

RUB = Rich Urban Biker

Rubber = Tire

Rubber Side Down = Ride Safe; Don't Lay the Bike Down

Run = Road trip with your Buds, most of the time with a place to go to in mind

Scoot = Motorcycle

Shiny Side Up = Ride Safe; Don't Lay the Bike Down

Shower Head = Refers to the new Harley-Davidson V-Rod motorcycle motor. It’s water cooled motor features what looks to be a showerhead attachment on it’s right side.

Shovel / Shovelhead = The Shovelhead engine (V-Twin, produced from 1966 ? 1984)

Sissy Bar = Passenger Backrest

#.F.F.#. (#, Forever, Forever # (Eg: Mongols MC. MFFM, Mongols Forever, Forever Mongols) = Patch worn by Club members to represent their total commitment to the club and every other member of that club.

Slab = Interstate

Sled = Motorcycle

Softail = A motorcycle frame whose suspension is hidden, making it resemble a hard tail

Straight Pipes = An exhaust system with no Baffles

Tats = Tattoos

Tail Gunner = The last rider in a group

Thirteen "13" = Common patch worn by "Outlaw" bikers. Can have several meanings. The most common held meaning is it's being the 13th letter of the alphabet "M" and stands for Marijuana or Meth. In the "Ese"/ Mexican community "13" is often used to represent the "South Side" and "La Eme" (Mexican Mafia).

Turn your back = To completely disassociate from a person or club.

Twisties = Section of road with a lot of turns

Wannabe = Refers to someone that tries to pretend to be a part of the biker lifestyle

Wrench = Mechanic

 

 

 

 

Q: Woi, gua udah bisa nih rp MC, ternyata gampang, mau coba join dong

A: Nih, liat dibawah gimana cara approach

 

Spoiler

 

How to approach

Cara approach dengan MC, terbilang mudah-mudah gampang. Pertama pastiin dulu di sub-forum families&gangs terdapat faction MC, kalo gak ada gimana joinnya.

 

Kalo ada factionnya, nih tips-nya untuk join/bergabung dengan faction tersebut.

1. IC/Roleplay all the time.

2. Pikirkan develop character-mu, alasan apa yang membuat kamu bergabung dengan MC (Mostly sih karena motorcycle enthusiast).

3. Roleplaykan juga kendaraanmu, jangan join hanya rp-in Freeway.

4. Pahamin background dari club tersebut, liat story-nya, pelajarin.

 

Kalo udah semua, kalian tinggal roleplay sebagai hangie/hangaround seperti yang sudah disebutkan diatas. Saat ber-roleplay menjadi hangie/prospect, cobalah untuk ber-sosialisasi dengan semua anggota. MC biasanya menekankan pada Give Respect, Earn Respect. Setelah itu tetap ikutin apa yang para patch members inginkan, apa yang mereka katakan, ikutin aja. Karena disini kalian harus mendapatkan sponsor dari patch member. Sponsor adalah orang yang akan menaruh nama kalian di meja church untuk dipertimbangkan menjadi seorang anggota/bagian dari club.

 

 

 

 

 

Q: Yah kalo join doang mah gua males, gua maunya buat, ada tips gak?

A: Coba baca dibawah ini

Spoiler

 

Membuat MC sama hal-nya dengan membuat faction lain, berikut tips yang saya berikan untuk kalian

 

1. Creating your character, and your club’s history.

Buatlah cerita dari charactermu, character penting dalam club, dan juga cerita club tersebut berdiri. Jika kamu meneruskan club dari ayahmu, buatlah cerita character tersebut, tambahkan juga drama club, contoh anggota yang pernah tertangkap, dsb.

 

2. Member base + amount of member

MC membutuhkan tempat, agar para anggota bisa nongkrong disana, carilah tempat yang bagus untuk dijadikan clubhouse, design lah interior-nya sedemikian rupa. Setelah itu, carilah orang orang kompeten untuk memulai faction tersebut, untuk awal-awal 7 orang sudah cukup untuk membuat 1 faction MC.

 

3. Choosing a name & logo

Setelah cerita terbuat, anggota dan base sudah ditemukan. Saat-nya pembuatan nama dan logo, jika kalian ingin membuat MC dari 0, maka pemilihan nama akan lebih baik dilakukan In-Character.

 

4. Club Development

Yap, perkembangan dari club-mu. Seperti yang sudah saya jelaskan pada point 1, buatlah clubmu berkembang, perhatikan arah perkembangan dari club motormu. Masukkan beberapa cerita/konflik club pada thread kamu.

 

5. Creating a faction thread

Yap, semua sudah siap. Story dari character, club, dan orang penting di club sudah siap. Kamu sudah mempunyai anggota yang cukup dan kompeten, kamu sudah memiliki nama dan base. Saat-nya sekarang untuk membuat thread faction. Buatlah thread faction yang bagus, simple, dan tidak merusak mata. Jangan lupa untuk meng-update thread tersebut sesuai dengan perkembangan yang terjadi In-Character.

 

6. Keeping the faction active

Memastikan faction tetap aktif, aturlah anggota kalian untuk selalu memposting keaktifan dari club kalian, dan nikmatilah setiap perkembangan yang terjadi di club. Cobalah untuk ber-interaksi dengan faction/families lain yang ada, itu akan membuat faction kalian tetap aktif.

 

 

OTHER GUIDES

 

 

 

 

 

 

Spoiler

 

 

Guide ini ditulis berdasarkan pengalaman TS selama bermain di server roleplay, semua kritik dan saran harap diberikan melalui private message. Guide yang ditulis diatas tidak sepenuhnya benar, koreksi sangatlah diperlukan untuk guide ini. Last but not least, this credit(s):

Alvian // Naping

Ruskie L*RP

Koehler L*RP

Dr4mX123 L*RP

Adam

Akbar

Hans

 

 

  • Like 1
  • Top 3

Share this post


Link to post
Share on other sites

dibuat oleh :
babu soil
vice president helbourne

Share this post


Link to post
Share on other sites
5 minutes ago, Outlawz said:

dibuat oleh :
babu soil
vice president helbourne

gua masih ngedit post, lu udah komen aje, cepet banget

btw bukan babu soil, eka si babu soil

Share this post


Link to post
Share on other sites

ampas

Share this post


Link to post
Share on other sites

Gampang dipahamin, nice guide! +1.

Share this post


Link to post
Share on other sites
20 minutes ago, michael2807 said:

Hai babu soil, babu hellbourne.

sorry lu babu di dua tempat itu, gua mah udah patched awkawkawkawk

 

17 minutes ago, winstono. said:

ampas

makasih yang lebih ampas

 

11 minutes ago, Jaeger18 said:

Gampang dipahamin, nice guide! +1.

thanks :) 

 

10 minutes ago, Histology said:

#edisikangenmantan

kangen mau officer challange vote kamu botak

 

7 minutes ago, jokofamouse said:

menarik buat dicoba hehe +1

thanks

Share this post


Link to post
Share on other sites
11 minutes ago, alvian1998 said:

kangen mau officer challange vote kamu botak

Hehehe, tp ga jadi kan hehehe 

hehehe

hehehe

Share this post


Link to post
Share on other sites

keren pak, lanjutkan kreatifitas mu!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

  • Like 1
  • Haha 1

Share this post


Link to post
Share on other sites

naise

Share this post


Link to post
Share on other sites

A dislike, sorry.

Share this post


Link to post
Share on other sites

Create an account or sign in to comment

You need to be a member in order to leave a comment

Create an account

Sign up for a new account in our community. It's easy!

Register a new account

Sign in

Already have an account? Sign in here.

Sign In Now

×