Jump to content
jaeyrodriguezt

[GUIDE] Monotonous Roleplay, how to solve it?

Recommended Posts

Halo para roleplayers JGRP! Disini saya akan membeberkan sebuah fakta yang saya ambil dari sudut pandang saya kenapa banyak sekali roleplay yang monoton terjadi di Jogjagamers Roleplay..

 

Quote

 

Monoton

  1. InterlanguageLinks-Asset-Pencil.gifberulang-ulang selalu sama nadanya (bunyinya, ragamnya); tunggal bunyi
  2. InterlanguageLinks-Asset-Pencil.gifselalu sama dengan yang dulu; itu-itu saja, tidak ada ragamnya

 

 

Quote

 

monotonous

adjective  mo·not·o·nous \mə-ˈnä-tə-nəs, -ˈnät-nəs\

Definition of monotonous for English Language Learners

  • —used to describe something that is boring because it is always the same

 

 

Banyak sekali hal-hal yang masuk dalam kategori 'Monotonous Roleplay' atau 'Roleplay yang monoton' atau 'Roleplay yang membosankan' didalam server Jogjagamers Roleplay, contoh diantaranya adalah:

 

1. Roleplay /me shocked saat terjadi tabrakan mobil., /me takes its money saat mengambil uang.

2. Berbicara terhadap diri sendiri saat wilayah sedang sepi (yang biasanya dilakuin sama anggota suatu gangster)

3. MM, kerja terus gaada capeknya.

4. Robbing atau bikin crime tanpa niat yang jelas, cuman pengen nyari tembak tembakan, kadang robbing dilakukan oleh orang yang sudah kaya secara IC hanya untuk cari musuh tembak tembakan.

5. dll.

 

Kenapa hal seperti itu sering terjadi didalam server ini? Menurut pengamatan saya adalah:

 

1. Lack of convidence.

Yak benar, ini salah satu alasan kenapa server ini dipenuhi roleplay yang membosankan. Itu karena para roleplayernya sendiri tidak percaya diri dengan kemampuan roleplaynya!

Itulah mengapa roleplay /me shocked saat ini lagi nge-trend di JGRP, karena para pengguna-nya tidak percaya diri akan kreativitas yang mereka miliki dalam membentuk sebuah roleplay. Hanya mengambil contoh roleplay milik orang lain yang akhirnya sekitar 60-70% player selalu menggunakan-nya ketika terjadi tabrakan! Kurangnya kepercaayn diri akan melahirkan poin ke dua. Dengan kurangnya percaya diri, kamu akan takut untuk membuat roleplay yang baru/kreatif.

 

2. Too scared to create something different.

Malu karena dihina akan roleplay kamu yang berbeda? Atau karena keterbatasan kreatifitas roleplay/bahasa kamu? Sehingga kamu gamampu/takut menciptakan suatu roleplay yang baru?

 

3. Language usage.

Penggunaan bahasa inggris lebih elit dari pada bahasa indonesia dalam Jogjagamers Roleplay, ini tidak bisa diganggu gugat. Menurut pengamatan saya, semakin orang itu fasih dalam roleplay menggunakan bahasa inggris, semakin orang-orang akan menanggapinya sebagai 'Jago Roleplay' dan itulah yang salah! Dan menurut saya ini sangatlah wajar dikarenakan server kita ini berbasis pada bahasa Indonesia (yaiyalah, orang namanya juga server Indonesia)

Fasih dalam inggris = Jago roleplay, bisa inggris = jago roleplay. Karena penggunaan bahasa indonesia semakin membosankan dalam roleplay, maka orang tersebut memaksakan kemampuan inggrisnya. Dan kadang orang tersebut fail dalam melakukan roleplay menggunakan bahasa inggris.

Makanya anda sering menemukan seseorang memaksakan roleplay dalam menggunakan bahasa inggris lalu anda tidak bisa memahami maksud dari yang orang tersebut katakan. Karena orang tersebut hanya berpikir bahwa kalo pemakaian inggris dalam roleplay itu keren. "Kalo gue bisa rp inggris berarti gue itu jago roleplay". Dan sayangnya, orang tersebut juga gamau belajar mendalami inggris. Orang tersebut hanya menjadikan inggris orang lain/gugel translate sebagai patokannya dalam beroleplay menggunakan bahasa inggris padahal dia sendiri gatau kalo itu inggris yang benar atau salah. Yang penting menurutnya adalah bahasa inggris itu keren yang akhirnya sekali lagi melahirkan rp /me shocked, /me take its money, dll. Emang ada yang salah dengan roleplay menggunakan bahasa indonesia? merasa kalo roleplay menggunakan bahasa indonesia itu engga se-pro menggunakan inggris? Padahal percuma kalo maksain roleplay inggris tapi salah. Mending pake bahasa Indonesia aja.

 

4. Imitating someone else's roleplay.

Ngapain gue belajar untuk menaikan kualitas roleplay gue kalo gue bisa mencontoh roleplay orang lain?

Dan faktor ini lagi lah yang membuat semua orang melakukan roleplay /me shocked saat terjadi tabrakan dan /me take its money menjadi ngetrend. Karena para playernya sendiri males membuat kreatifitas dalam beroleplay dengan mencontoh roleplay orang lain, pengennya yang instan. Padahal /me take its money adalah penggunaan grammar yang salah dan /me shocked hanyalah roleplay yang tidak spesifik. Bayangkan saat terjadi tabrakan yang parah, orang orang yang terlibat tabrakan tersebut hanya merole-playkan /me shocked?

 

5. Too smart to learn.

0oHszYS.jpg

(( Ini screenshoot saat saya sedang mengajarkan penggunaan /me yang benar terhadap salah satu anggota outsider saya ))

Orang indo itu terlalu pinter untuk diajarin, dan semua itu karena satu hal yaitu GENGSI. Merasa dirinya jauh lebih baik dan pintar dari orang lain. Tebukti di SS yang gue kasih. Kebanyakan player yang gangerti apa apa. Saat diajarin oleh player lain yang lebih ngerti, mereka akan balik menginsult kita atau membuat alibi "Oh iya" atau "Tau gue sebenernya" atau "Eh iya salah ketik". Padahal niat player yang lebih mengerti tersebut baik, ingin mengajarkan yang tidak tau menjadi tau. Namun player yang diajarin tersebut terlalu gengsi untuk belajar hal baru. Apa salahnya belajar hal baru yang lebih baik?

 

6. Gun for fun.

Selalu mengisi hari hari beroleplay dengan memainkan senjata, merasa bahwa semua masalah akan selesai dengan memainkan senjata. Kayak engga ada roleplay selain tembak-tembakan dan melakukan kriminal. Kita semua tahu kalo kadang terjadi tembak tembakan antar geng, perampokan bersenjata sering terjadi di dunia nyata. Tapi, masa engga ada roleplay lain yang lebih berguna selain merampok, membuat kriminal atau tembak2an antar geng? Mending ini ada alurnya, melainkan main tembak aja karena merasa geng lain=MUSUH. Atau ngerampok alasannya buat cari duit, padahal mah buat seneng seneng doang. Kayaknya gatel banget punya senjata tapi gadimainin.

 

 

 

 

 

Bagaimana cara mengubah roleplay kamu yang monoton menjadi kreatif?

 

1. Learn how to use /me and /do properly.

Gimana kalo kamu mau mengembangkan roleplay kamu menjadi lebih baik dan lebih kreatif bila kamu sendiri gatau bagaimana cara penggunaan /me dan /do yang benar?

 

 

2. Learn from someone else who has a bigger skill than you.

Gaperlu malu untuk belajar dari seseorang yang punya skill yang lebih tinggi dari pada kamu. Tapi ingat, jangan pernah kamu belajar dari seseorang hanya karena kamu gengsi akan kemampuan orang itu, tapi belajarlah dari orang tersebut karena niat kamu yang ingin belajar lebih banyak dan untuk melampaui orang tersebut. Gue punya banyak guru yang sering ngasih saran dan ngasih ngasih contoh roleplay yang unik dan kreatif kayak Fermosa, Parlentes, Pandas, mahesapndu, unyil, 'LC, Mistgun dll. Dan semua itu karena niat gue pengen belajar mendalami bahasa inggris, roleplay dan ngelampauin mereka, bukan karena gue gengsi akan kemampuan mereka.

 

3. Research.

Engga ada salahnya kok sebenarnya kalo kamu mencontoh roleplay orang lain. Namun ingat, contolah yang benar dan berikan sedikit improvisasi!

Bagaimana cara-nya ingin mencontoh roleplay orang yang kreatif, tapi isinya baik dan benar? Lakukan sebuah research! Kamu bisa baca baca guide roleplay di server JGRP, guider dari forum server lain seperti LSR* bisa menjadikan patokan jika kamu ingin mencari roleplay yang kreatif. Roleplayer di seluruh dunia mematok LSR* sebagai patokan untuk mengembangkan rp. Kamu bisa mencari roleplay yang kreatif di sana. Tapi dengan catatan, kamu harus mengerti dulu artinya dikarenakan server tesebut merupakan server berbasis english. Jangan main asal jiplak tanpa tau artinya, yang hanya akan mebuat kamu malu pada akhirnya. Gaharus dari server lain atau forum lain, kamu bisa melihat screenshoot yang sudah di post oleh player lain di forum Jogjagamers,  saring mana yang menurut kamu itu kreatif dan beda dari pada yang lain lalu berikan sedikit improvisasi.

 

4. Stop copying someone else's roleplay.

Kamu gak akan pernah dibilang kreatif kalo masih mengambil roleplay orang lain untuk digunakan sebagai roleplay kamu. Seperti yang saya katakan diatas, kamu bisa mencontoh roleplay orang lain, namun berikanlah sedikit improvisasi atau dengan kreatifitas kamu sendiri. Seperti:

Roleplay orang lain saat terjadi tabrakan : *Daniel Demarcos shocked.

Setelah di-improvisasi/menggunakan kreatifitas sendiri:

*Arturo Demunez shocks as he feels some pain on his forehead,

You'd see some scar on Arturo's forehead after his head has smacked down the steer due to the accident.

* Arturo Demunez tightly holds the scar on his forehead as he blurry monitors around his environment after the car accident.

* Arturo Demunez realizes a smoke is coming out of hood.

 

 

Roleplay orang lain saat menerima uang: *Jukal Trilatif take its money.

Setelah di-improvisasi/menggunakan kreatifitas sendiri:

*Krispo Siburian widens his palm, claiming the cash from Daniel aftewards.

 

Roleplay orang lain saat mengeluarkan senjata Deagle: *Michael Faghiputra lifts up his t-shirt as he takes out an eighteen.

Setelah di-improvisasi/menggunakan kreatifitas sendiri:

*Ardha Wicaksono brandhishes his eighteen.

 

Roleplay orang lain saat menggunakan crack/pot/rokok:

*Irfan Defelix using crack with slowly.

*Inno Kapantow smoking the cigar with slowly.

Setelah di-improvisasi/menggunakan kreatifitas sendiri: 

 

 

Best quote from Sinatrio and Opick.

Quote

Dalam kondisi kencang /me is shocked ini /me yang paling SAMPAH yang pernah gue liat. Disini kebanyakan orang kalo tabrakan pada gak mau capek RP cedera, dan langsung /me is shocked blablabla, ganti duit, cabut. Kalian bisa RPin kepala terbentur stir, kaki terjebak di dashboard, kaca depan pecah, pintu gak bisa kebuka, bensin/oli bocor, mesin berasep. Itu semua kalian bisa lakuin dan nanti MD pun akan kebagian RP, dari pada cuma /me shockedSAMPAH doang.

 

 

4. Build up your confidence.

Percaya diri dengan kemampuan roleplay kamu, kreatifitas didalam otakmu. Cobalah hal-hal yang baru. Jangan terpaku dengan roleplay orang lain.

 

5. Improve your english.

Bukan hal baru di JGRP bila penggunaan bahasa inggris dalam roleplay merupakan suatu yang keren, saya sendiri berpikir seperti itu dikarenakan server Jogjagamers yang berbasis di Indonesia dan bahasa inggris yang merupakan bahasa internasional. Tidak jarang banyak sekali orang ingin belajar mendalaminya. Kamu pengen dianggap keren tapi kamu gabisa bahasa inggris? Kamu bisa mempelajarinya dan jangan pernah memaksakan kalo gabisa! Semua dimulai dengan yang sederhana terlebih dahulu hingga yang sulit.

 

6. Be spesific.

Semakin spesifik roleplay yang kamu lakukan, semakin kreatif kamu dalam membangun/membentuk/membuat sebuah roleplay.


7. Put the gun down.

Banyak kok roleplay lain selain robbing, bikin kriminal, atau menyerang turf gang lain. Khusus untuk anggota gangster atau faction illegal, banyak sekali roleplay yang bisa dilakukan tanpa menggunakan senjata. Jika saya menjelaskan kembali apa saja aktifitas roleplay tanpa senjata, hanya akan membuat thread ini lebih panjang.

 

 

8. Start to make your own roleplay.

Jangan malu untuk mencoba hal baru dalam beroleplay! Roleplay bukanlah ajang untuk menunjukan seberapa hebat kamu dalam beroleplay, sebarapa fasih penggunaan bahasa inggris kamu dalam beroleplay. Roleplay hanyalah ajang untuk menentukan sekreatif apa kamu dalam membentuk/membangun/membuat sebuah roleplay. Semakin kreatif roleplay kamu, semakin orang orang akan menaruh respek terhadap kamu. Jangan pernah takut salah hanya karena roleplay kamu berbeda dari yang lainnya !

 

 

 

Note: Thread ini sepenuhnya belum sempurna, mungkin masih ada beberapa point yang belum saya jelaskan. Bila ada yang ingin mengoreksi atau menambahkan bisa memberikan komen.

 

Credits:

Saya sebagai thread creator.

Creator di setiap thread yang saya cantumkan

Dendy Trilatif a.k.a Fermosa

Michael Siburian a.k.a Mistgun

Irfan a.k.a Pandas

Inno a.k.a Parlentes.

Anggota dari Southside Aztecas X3.

  • Like 1
  • Thanks 1
  • Haha 1

Share this post


Link to post
Share on other sites
58 minutes ago, jales said:

 

5. Too smart to learn.

0oHszYS.jpg

 

 

 

 

 

 

Seharusnya anggota di cepat2 di kick, kagak obey ama ketuanya..

dikasih yang positif malah dikasih balik negatif

 

but anyway, guidenya bagus.

Share this post


Link to post
Share on other sites
2 minutes ago, Draco said:

 

Seharusnya anggota di cepat2 di kick, kagak obey ama ketuanya..

dikasih yang positif malah dikasih balik negatif

 

but anyway, guidenya bagus.

Makasih.

Hahaha, untungnya itu yang insult masih outsider dan yang dia insult itu gua yang notabene gue orangnya gamau nyapein diri sendiri dengan ngetik2 report di forum yang ngga ngerugiin gue banget. Biarin aja dia mau roleplay gini gitu, toh gue udah ngingetin malah di-insult, yaudah akwwk. Paling2 ga di rag nyampe kiamat itu anak.

Share this post


Link to post
Share on other sites
15 hours ago, jales said:

5. Be spesific.

Semakin spesifik roleplay yang kamu lakukan, semakin kreatif kamu dalam membangun/membentuk/membuat sebuah roleplay

 

Cakep.. Tapi gue nambahin sedikit,

Kata spesifik itu bisa disalahkan artikan dan gue rasa gak perlu terlalu spesifik sampe ke akar akarnya, karena nantinya malah bingung sendiri. 

 

15 hours ago, jales said:

7. Start to make your own roleplay.

Jangan malu untuk mencoba hal baru dalam beroleplay! Roleplay bukanlah ajang untuk menunjukan seberapa hebat kamu dalam beroleplay, sebarapa fasih penggunaan bahasa inggris kamu dalam beroleplay. Roleplay hanyalah ajang untuk menentukan sekreatif apa kamu dalam membentuk/membangun/membuat sebuah roleplay. Semakin kreatif roleplay kamu, semakin orang orang akan menaruh respek terhadap kamu. Jangan pernah takut salah hanya karena roleplay kamu berbeda dari yang lainnya !

 

Ini poin yang penting sih.. Karena hasilnya bukan buat diri sendiri nanti, tapi juga buat player yang lain.

Kalo bisa nularin roleplay kreatif ke player lain, itu orang udah keren banget.

 

16 hours ago, jales said:

Roleplay orang lain saat menerima uang: *Jukal Trilatif take its money.

Setelah di-improvisasi/menggunakan kreatifitas sendiri:

*Krispo Siburian widens his palm, claiming the cash from Daniel aftewards.

 

Roleplay orang lain saat mengeluarkan senjata Deagle: *Michael Faghiputra lifts up his t-shirt as he takes out an eighteen.

Setelah di-improvisasi/menggunakan kreatifitas sendiri:

*Ardha Wicaksono brandhishes his eighteen.

 

Roleplay orang lain saat menggunakan crack/pot/rokok:

*Irfan Defelix using crack with slowly.

*Inno Kapantow smoking the cigar with slowly.

Setelah di-improvisasi/menggunakan kreatifitas sendiri: 

 

Nah yang ini...

Gak ada penjelasan sih cuman mau di quote aja biar jadi 3.

Share this post


Link to post
Share on other sites
51 minutes ago, RockinFellas said:

 

Cakep.. Tapi gue nambahin sedikit,

Kata spesifik itu bisa disalahkan artikan dan gue rasa gak perlu terlalu spesifik sampe ke akar akarnya, karena nantinya malah bingung sendiri. 

 

 

Ini poin yang penting sih.. Karena hasilnya bukan buat diri sendiri nanti, tapi juga buat player yang lain.

Kalo bisa nularin roleplay kreatif ke player lain, itu orang udah keren banget.

 

Iya, bukan spesifik nyampe harus ngeroleplay-in tangan atau kaki yang digerakin gitu juga engga. Cuman buat memperjelas rpnya aja.

1 hour ago, D-Je said:

nice guide

Makasih makasihh 

Share this post


Link to post
Share on other sites

Sabi amat dah guide nya Pak Jales..

3 hours ago, jales said:

Berbicara terhadap diri sendiri saat wilayah sedang sepi (yang biasanya dilakuin sama anggota suatu gangster)

Akhirnya, kamu telah membangunkan aku dari mimpi yang berujuk pada roleplay berangan angan dan ngigo sendiri hihi :wub:

Share this post


Link to post
Share on other sites

Adoh pak jales ini panjang sabar emang, di insult cuman diam saja. Salut buat pak jales.

Itu atas ane, hehehehe dapa juga pointnya saya. Makasih pak jales.

 

Share this post


Link to post
Share on other sites
56 minutes ago, Messi Dinovsyach said:

Thanks for guide!

 

59 minutes ago, Nehemiadian said:

Adoh pak jales ini panjang sabar emang, di insult cuman diam saja. Salut buat pak jales.

Itu atas ane, hehehehe dapa juga pointnya saya. Makasih pak jales.

 

Hehehe, makasih.

Share this post


Link to post
Share on other sites

Nice Guide Vato!!

Bener banget:jg: ini roleplay di JGRP udah monoton, gitu gitu aja.. saya rasa semua player wajib baca guide ini.

Sangat membantu untuk perkembangan roleplay di JGRP kedepannya.

#playerJGharuskreatif

Share this post


Link to post
Share on other sites

Mantap Guidenya Jal

 

Semoga ada player yang mau belajar dari kesalahan, mau mencoba, dan sikap sikap bocah yang ada pada player perlahan mulai hilang dan mau menerima masukkan dari orang lain. Bisa juga saling mengingatkan lewat /pm kalau ada yang salah :)

Share this post


Link to post
Share on other sites

Mantap pak guidenya.

Semoga dengan adanya guide ini kedepannya bisa membuat roleplay yang lebih berwarna, terutama pada character development. Sukses selalu pak Jales

Share this post


Link to post
Share on other sites

masih sehat ni TS? player JGRP emg masih niat RP? wong baru kemaren gue pengen benerin kendaraan langsung /b ((kalo dia nipu, kita tonjok bareng bareng)) dan itu 1 geng mekanik setuju, wth is going on? kualitas RP udh menurun.

Well dr bbrp org yg sering gw ingatin lewat /pm emg kadang malu buat menyetujuin kesalahan mereka dan lebih memilih ngatain yg ngasih tau.
Kedua, player JG:RP bego inggris, well gw jg ga terlalu fasih. Tapi di JG:RP semua players anggap chat pake b. ing itu pro dan gamau pake bahasa indonesia walaupun lawan RPny udh bilang gabisa inggris, dan lebih memilih untuk menghiraukan palyer tsb.

3. Stop copying someone else's roleplay.
ini salah satu hal yang sering gw liat apalagi di SS fam forum (official and engga official) membernya copy RP yang ada di leserepe, persis 100 persen dan juga ada banyak org yang share ss RP mereka dengan (Chat/text yg dibuat sendiri tanpa sesuai dgn yang di RPin di IG).

6. Put the gun down.
well brah, semua players di JGRP pake tas panjeng dipunggungnya.


tambahakan, spesifik.
baru kemaren gw RP sama fam official, kalo udh tau ngambil brg dikantung pake tangan buat apa dipertanyakan? pake lidah? kaki? otong? malah debat lewat /do, wadepley, wadepley.
gw ga nyingungg pihak manapun dan gw ga menyebutkan siapa fam official tsb, karena gw gamau mereka kena ampas dr insider nuffnya, dan biarkan mereka belajar dr kesalahan aja.


GGWP JG:RP Players, all hail newbie school. 
cpt cpt bikin channel ts support and assistance deh biar langsung belajar pake TS, gacuma lewat in-game.

 

Share this post


Link to post
Share on other sites
1 hour ago, Krenshaw said:

cpt cpt bikin channel ts support and assistance deh biar langsung belajar pake TS, gacuma lewat in-game.

Discord better.

 

Btw, thanks for remind me, nice guide.

 

Share this post


Link to post
Share on other sites

Join the conversation

You can post now and register later. If you have an account, sign in now to post with your account.
Note: Your post will require moderator approval before it will be visible.

Guest
Reply to this topic...

×   Pasted as rich text.   Paste as plain text instead

  Only 75 emoji are allowed.

×   Your link has been automatically embedded.   Display as a link instead

×   Your previous content has been restored.   Clear editor

×   You cannot paste images directly. Upload or insert images from URL.


×
×
  • Create New...