Jump to content

Recommended Posts

Membuat Character Story wajib hukumnya bagi para patriot JGRP. Selain untuk kebutuhan roleplay di character kamu, character story juga berguna untuk melatih kreativitas kamu dalam bercerita. Disini saya tidak akan membahas bagaimana membuat character story yang baik dan benar, saya anggap kalian sudah paham tentang itu (merapihkan paragraf, jumlah kata per-paragraf, dll. Untuk cara membuat Character Story, bisa klik link ini). Tapi disini saya akan membagikan sedikit tips CARA MEMBUAT CHARACTER STORY YANG UNIK. Kebanyakan yang saya lihat, character story yang dibuat memiliki 'template' yang itu-itu saja. Misalkan ceritanya seperti, orang tuanya meninggal ditembak gangster, rumahnya kerampokan, orang tuanya meninggal karena sakit, membantu orang tuanya yang miskin. Lalu bagaimana cara membuat Character Story yang unik dan berbeda dari yang lain?

 

1. Tentukan Premis Yang Unik!

Quote

Premis adalah satu kalimat yang menggambarkan inti keseluruhan dari cerita. Sementara itu, logline adalah satu paragraf yang menggambarkan keseluruhan cerita. Jadi intinya, premis dan logline menjelaskan sebuah cerita secara singkat; baik dari satu kalimat maupun satu paragraf.

 

 

Sebelum kita menulis sebuah character story, kita harus mencari sebuah premis terlebih dahulu. Premis bertujuan untuk mempermudah kita dalam membuat cerita agar kita tahu akan menulis apa di awal dan bagaimana penyelesaiannya. Carilah premis yang out of the box, jangan template!

 

Cara mudah untuk membuat premis adalah dengan menggunakan format berikut:

 

Karakter + Tujuan + Halangan

(      K       +       T     +       H       )

 

Contoh:

Billy Levine adalah seorang lelaki yang sangat ingin menjadi polisi, namun kakinya cacat.

(                                     K                            +                              T                    +                  H          )

 

James Orlando adalah seorang pengedar narkoba yang ingin memperluas bisnisnya, namun terancam dibunuh oleh pesaingnya.

(                                     K                                                 +                                T                                  +                           H                                    )

 

Mirana Anacarla adalah wanita cantik dari New York yang ingin menjadi dokter di kotanya, namun jatuh stress karena orang tuanya meninggal ketika ingin pelantikan.

(                                               K                                                      +                                T                                  +                                                     H                                                              )

 

2. Awali Paragraf Pertama Dengan Sebuah Peristiwa!

Biasanya, character story selalu diawali dengan format:

Nama Character + Tempat lahir + Tanggal Lahir

 

Contoh:

Quote

Albert McChain, lahir di Miami, USA. Pada tanggal 14 April 1990.

 

 

Untuk membuat Character Story yang unik, gunakanlah kalimat pembuka dengan sebuah peristiwa. Peristiwa yang dimaksud disini adalah bukan konflik antar tokoh. Tapi peristiwa yang menggiring ke pengenalan tokoh. Meskipun sedikit melanggar aturan kebahasaan, namun ini dimaksudkan sebagai improvisasi dan membuat cerita lebih seru di awal paragraf. 

 

Contoh:

Quote

Suasana tegang dirasakan di rumah sakit oleh keluarga kecil dari New York, USA. Seluruh dokter dan suster sedang sibuk membantu mengeluarkan bayi dari dalam perut seorang wanita bernama Milla Scarlet.

 

Quote

Perang terjadi malam itu di kota London, Inggris. Seorang ibu bernama Alicia Noore sedang mengalami kontraksi karena kandugannya sudah menginjak waktu 9 bulan. Dengan kondisi rumah yang hancur akibat perang, Alicia terpaksa bersembunyi di gang sempit nan kumuh hanya untuk melahirkan anaknya. Dengan penuh tekad dan rasa sayang terhadap calon bayinya, Alicia berhasil melahirkan seorang anak laki-laki tampan. Anak itu diberi nama, Leon.

 

3. Setiap Paragraf Harus Memiliki Tujuan!

 

Kita dituntut untuk menuliskan sebuah Character Story dengan minimal 3 paragraf. Lalu kadang kita membuat sebuah paragraf dengan isi yang bertele-tele atau tidak ada maksud apapun. Lalu apa yang seharusnya ada di dalam setiap paragraf dalam membuat Character Story di JGRP?

 

Paragraf 1:

Spoiler

Pengenalan Tokoh

Seperti yang saya jelaskan diatas, gunakan paragraf pertama dengan peristiwa. Namun, giring peristiwa tersebut ke pengenalan tokoh anda. Anda bisa melanjutkan pengenalan tokoh sampai paragraf kedua jika anda mau.

 

Contoh:      

Quote

        Hiruk pikuk terjadi di dalam ruang operasi. Dokter dan suster mengerahkan kemampuan terbaiknya demi mengeluarkan bayi dari rahim seorang pasien. Tepat pada tanggal 11 April 1995 pukul 11 dini hari di salah satu rumah sakit di Miami, USA. Seorang bayi dari pasangan Glen Lavigne dan Sammy Parker lahir ke dunia. Kabar yang harusnya menggembirakan harus menjadi kekecewaan. Bayi itu lahir dengan keterbatasan fisik. Kaki kanannya dinyatakan tidak normal oleh dokter, dan dipastikan tidak akan bisa berjalan seperti orang-orang pada umumnya. Tak ada yang bisa dilakukan oleh kedua pasangan tersebut selain menerima kenyataan, bahwa anaknya terlahir dengan keterbatasan fisik. Anak itu diberi nama, Billy Levine.

 

 

Paragraf 2:

Spoiler

Peristiwa Dan Kejadian Penting

Paragraf selanjutnya adalah tentang sebuah kejadian yang pernah dialami oleh karakter kamu, entah itu sebuah prestasi, kecelakaan, kejadian yang memotivasi, atau pekerjaan. Bisa dilanjutkan dengan 2 paragraf jika ingin menceritakan secara detail.

 

Contoh:      

Quote

           Kedua orang tua Billy cukup sedih ketika mendengar tekad anaknya yang ingin menjadi seorang polisi. Namun, Billy tetap optimis bisa menggapainya meskipun dia sendiri belum tahu bagaimana caranya. Setelah lulus SMA, Billy mulai giat olahraga, meskipun hanya beberapa gerakan saja yang mampu dia kuasai. Setiap pagi dan sore dia melatih otot tubuhnya di depan rumah. Tak peduli yang orang katakan, dia sudah terbiasa oleh cacian dan makian sejak dia kecil. Bahkan ada yang menyebutnya dia gila karena mereka yakin itu adalah hal yang mustahil. Ketika akademi kepolisian dibuka, dengan keterbatasannya dia memberanikan diri untuk mendaftar. Beberapa temannya membantu Billy dan memberi dukungan penuh kepadanya agar bisa lolos di seleksi awal. Namun sayang, keberaniannya hanya mengantarkannya ke jurang kekecewaan. Baru ditahap administrasi saja, Billy sudah gagal karena tidak dapat rekomendasi kesehatan dari rumah sakit setempat.

 

 

Paragraf 3:

Spoiler

Penutup

Disini kalian selesaikan konflik atau peristiwa yang terjadi di paragraf sebelumnya. Selesaikan konflik dengan happy ending dan buat seolah-olah cerita itu nyambung dengan karakter yang kamu mainkan sekarang. Juga bisa ditambahkan dengan koda/amanat untuk semua pembaca.

 

Contoh:     

Quote

           Terasa seperti mimpi baginya bahwa bisa bertemu dengan orang baik seperti Mirana. Dia sadar bahwa masih banyak yang peduli dengan orang disabilitas sepertinya. Setelah selesai operasi, dia kembali lagi ke Miami, tempat tinggalnya. Dia menyiapkan segala sesuatunya untuk akademi tahun depan. Dia meminta restu kedua orang tuanya untuk merantau jauh dan mengadu nasib di kota Los Santos. Awal tahun 2019, dia pergi ke Los Santos. Disana dia bekerja serabutan sambil menunggu akademi polisi dibuka. Hikmah yang dapat kita ambil adalah bahwa setiap usaha pasti ada jalan. Meskipun terlihat mustahil di mata orang banyak, tapi tetap yakinkan dirimu untuk bisa mendapatkannya, dan semua itu akan terwujud.

 

 

 

Demikian guide yang saya berikan, silahkan dikoreksi bila salah, dan ditambahkan bila di rasa kurang. Terimakasih yang sudah membaca! Salam Roleplay~

 

My Character Story:

 

Edited by Billylevine
Correct the wrong word (typo).
  • Like 1
  • Thanks 1

Share this post


Link to post
Share on other sites

Sangat kreatif sekali. Namun karena selera seseorang berbeda-beda pada saat ingin menjalankan atau memainkan perannya saat ber-roleplay, tapi keren kok harus di lihat oleh player yang baru bermain untuk di jadikan sebagai contoh jika ingin men-development karakternya.

 

+1

 

 

Share this post


Link to post
Share on other sites

Jadi kalau menurut saya kalau pembukaan yang unik juga harus disesuaikan sebagaimana ajarannya, paragraf pertama merupakan 'orientasi' dan bukan suatu 'konflikasi'.

 

Tepat, struktur yang km buat sangat bagus menurut saya dan juga benar, yang diawali dengan

1. Masa orientasi ( pengenalan )

2. Konflikasi lalu disertai dengan kalimat penjelas kemudian resolusi.

3. Penutup

4. Nah kalau bisa ditambahin koda juga yang merupakan makna dari cerita tersebut, dan bisa dibilang sebagai amanat.

Share this post


Link to post
Share on other sites

Character Story itu menciptakan character development yang kita mainkan sendiri, jadi dengan adanya Character Story ini memunculkan asal-usul kita dan memperkenalkan karakter kita kepada publik sendiri. Bagus guidenya.

Share this post


Link to post
Share on other sites

intinya dengan adanya character story, kita bisa bebas berimajinasi bercerita tentang karakter yang kita mainkan, dengan adanya guide ini meyakinkan player untuk lebih kreatif dalam membuat character story agar tidak ada lagi yang harus di revisi. btw ini guide nya bagus kok.

Share this post


Link to post
Share on other sites
1 jam yang lalu, Khairunnisa13 said:

Jadi kalau menurut saya kalau pembukaan yang unik juga harus disesuaikan sebagaimana ajarannya, paragraf pertama merupakan 'orientasi' dan bukan suatu 'konflikasi'.

 

Tepat, struktur yang km buat sangat bagus menurut saya dan juga benar, yang diawali dengan

1. Masa orientasi ( pengenalan )

2. Konflikasi lalu disertai dengan kalimat penjelas kemudian resolusi.

3. Penutup

4. Nah kalau bisa ditambahin koda juga yang merupakan makna dari cerita tersebut, dan bisa dibilang sebagai amanat.

Mohon maaf jikalau melanggar tatanan Bahasa Indonesia yang baik dan benar. Memang paragraf pertama adalah orientasi. Namun, peristiwa yang dimaksudkan diatas adalah sebuah peristiwa yang menggiring ke pengenalan tokoh. Hanya melakukan improvisasi di bagian awal, namun tujuannya tetap sama. Terimakasih masukannya ?

Share this post


Link to post
Share on other sites

Kreatif tanpa batas. Anjay....

Share this post


Link to post
Share on other sites

Good guide nih,

Character story tuh bagus banget kalau memang kita niatin dengan sekreatif mungkin.

  • Top 2

Share this post


Link to post
Share on other sites

Kereen nih mantaap!

Share this post


Link to post
Share on other sites

Join the conversation

You can post now and register later. If you have an account, sign in now to post with your account.
Note: Your post will require moderator approval before it will be visible.

Guest
Reply to this topic...

×   Pasted as rich text.   Paste as plain text instead

  Only 75 emoji are allowed.

×   Your link has been automatically embedded.   Display as a link instead

×   Your previous content has been restored.   Clear editor

×   You cannot paste images directly. Upload or insert images from URL.


×
×
  • Create New...