SMOKEY666 Posted March 15, 2022 Posted March 15, 2022 Guide ini bertujuan bagi kalian sebagai teknisi atau mekanik mobil 1. Pengetahuan Dasar. Jadi pengetahuan dasar ini berguan banget bagi kalian yang belum terlalu paham tentang mengetune mobil. Oke saya jelaskan dulu pengertian dari Tuning adalah menyetel ulang mobil yang sehabis di overhaul atau setelah turun mesin. Overhaul sendiri adalah istilah turun mesin sekaligus mengganti beberapa komponen mesin. Nah penggantian komponen mesin sendir itu sangat berkepentingan dengan tuning mobil kita. Misalkan kita mengganti komponen itu akan berdampak sekali dengan tuningan jadi karena hal tersebut kita harus tuning ulang. Jikalau mobil kalian sudah tidak standar dan sudah di pasankan ECU yang adjustable seperti Haltech, MoTec, dan AEM untuk yang saya bilang ECU tadi adalah ECU yang berjenis stand alone. Nah ECU sendiri adalah engine control untuk mesin kendaraan kalian bisa di artikan ECU adalah otak kalian yang mengatur semua aktifitas tubuh kalian. 2. Cara Meroleplaykannya Nah cara meroleplaykannya sendiri itu bagaimana dengan mobil yang ingin di tuning, Misalkan mobil tersebut habis turun mesin atau ganti mesin nah kalian harus meroleplaykan secara detail seperti /me mengganti diffrential acceleration menjadi 80% /me mengganti diffrential deceleration menjadi 100% /me mengganti Final Driver gearbox dari 2.20 menjadi 3.20 /me mengganti 1st gear dari 3.00 menjadi 2.00 Nah di atas adalah salah satu contoh dari mengatur tuningan mesin dan masih banyak sekali jenis jenis setinggan dan aturan. 3. Tools untuk memudahkan roleplay tuning Nah disini saya ingin memberi tahu tentang apa saja yang bisa di tuning di ECU dan ini sangat berguna bagi kalian jika ingin meroleplaykannya Transmission Diff looking ratio adalah Diffrential gear ratio ini menentukan berapa kali roda akan berputar jika di tuning menjadi 3.71 maka poros penggerak roda memutar 3.71 kali setiap putaran roda. Nah untuk pengetahuan sedikit jadi semakin tinggi Diffrential gear rasio makin cepat sekali putaran roda dan ini membuat spining nah seperti yang kita tahu tuning kan untuk mencari setingan terbagus untuk mobil jadi kita harus mencoba satu persatu setinggan diffrential untuk mobil dan standarnya itu berada di 2.50 pada mobil standar Final Drive adalah untuk Final Drive sendiri itu untuk mengatur putaran torsi jadi untuk pengerti Final Drive adalah semakin tinggi kita mengatur semakin besar torsi yang kita dapat dan semakin rendah kita mengatur semakin lambat torsi yang kita dapat tapi jika terlalu besar torsi akan tidak maksimal mendapatkan kecepatan masksimal dalam mobil misalkan gini Final Drive di setting 2.40 torsi kita sangat lambat sekali tapi kita bisa menempuh kecepatan 200 kmh nah lalu kita seting Final Drive menjadi 3.10 Torsi kita sangat kencang sekali tapi kecepatan maskimal kita hanya sampai 140 KMH nah kalian bisa meroleplaykannya sendiri mencari setingan Final Drive yang sesuai dengan mobil yang kalian tuning. Gear 1st-6st adalah bagian dari transmis yang berputar untuk mentransmisikan daya. Roda gigi memiliki gigi-gigi yang saling bersinggungan dengan gigi dari roda gigi yang lain. Nah untuk tuning Gigi/ Gear sendiri itu ada beberapa Gearbox yang bisa di tuning dan juga ada yang tidak bisa di tuning kalian bisa cari selebihnya di google. Kembali ke penjelasan seperti yang sudah saya jelaskan sebelumnya prinsip ini sangat sama jikalau kita tuning lebih tinggi akan mendapatkan torsi dan sebaliknya ini sama dengan Final Drive hanya ini mempunyai 6 gigi untuk di seting satu persatu nah untuk gearbox sendiri itu berbeda beda mempunyai giginya ada yang 1-4 1-5 dan 1-6 ada juga sampai 8 yaitu gearbox formula 1. Engine Fuel Injection adalah sistem penyemprotan bahan bakar yang proses kerjanya dikontrol secara elektronik. Sistem dalam kendaraan yang berguna untuk memastikan kebutuhan bahan bakar ini memegang peran penting dalam mesin kendaraan. Kita harus menyeting bahan bakar yang menyemprotkan ke mesin secara pas tidak kurang dan tidak berlebihan. Rev Limiter adalah bertujuan untuk membatasi putaran mesin, agar mesin tidak berjalan melebihi batas RPM (Rotation Per Minute) yang ditentukan pabrikan mesin disesuaikan dengan karakter mesin itu sendiri. Biasanya mobil yang sudah di pasangkan ECU bisa di seting mau sampai berapa RPM maksimalnya ini juga berpengaruh dengan performa mesin. semakin tinggi kita seting RPM semakin tinggi Horse Power yang kita dapat namun Torsi semakin kurang dan sebalikannya Turbocharger Boost Control menyetel pembukaan waste gate sesuai yang diinginkan maka semakin besar perpembukaan mesin biasanya di seting dari 1-3 bar tergantung sebagaimana kita menyetingnya Oke mungkin sampai sini saja Guidenya sebenernya masih banyak lagi yang bisa di informasikan tetapi kalo sampai habis itu bisa buat kita lulus dalam membaca Guide ini karena lama banget Mesin adalah sesuatu benda yang sangat rumit jika ingin maksimal kita membutuhkan waktu yang sangat lama untuk mendapatkan performa yang terbaik. Mohon maaf kalo ada perkataan yang tidak enak jika teman teman tau lebih silahkan share saja di bawah kita saling membantu Guide ini berguna bagi kalian yang ingin membuka tempat Dyno & Tuning tidak saya rekomendasikan untuk job mekanik karena RP tuning itu tidak sebentar kalau sebentarnya yang ada bukan tuning namannya. Credit -Only me "Hanya karena kamu lebih lambat, bukan berarti kamu gagal." - Harland Sanders 2
$Murpow_20$ Posted March 24, 2022 Posted March 24, 2022 wow nice guide, GG! tinggal tambahin tuning untuk wheel dkk boleh nihh +1
$IXgotcha$ Posted March 30, 2022 Posted March 30, 2022 Wahh GG sih ini, boleh dipake buat circle streetracer dan FnG streetracer nih.
$RapZ$ Posted May 1, 2022 Posted May 1, 2022 +1 nice guide bang, nambah pengetahuan soal roleplay streetracer untuk tuning mobil
Recommended Posts
Create an account or sign in to comment
You need to be a member in order to leave a comment
Create an account
Sign up for a new account in our community. It's easy!
Register a new accountSign in
Already have an account? Sign in here.
Sign In Now