Jump to content
LutfiPP960

Newbie?

Recommended Posts

Tell story bentar, asal usul gue bikin diskusi ini.

Pagi-pagi, lagi dalam situasi kantor. Pas lagi ngerokok sambil ngopi sebentar didepan sendirian, tiba-tiba gue keinget 4 hari lalu soal newbie yang gue tolongin gara-gara ga ngerti apa-apa, singkat cerita gue nemu dia di Bone County pas lagi pursuit, terus dia dateng dari arah berlawanan ga sengaja gua nabrak dia dan langsung mati. tadinya mau gw tinggal, cuma karna dia bilang di chat ic "tolong" gua jadi gatega, mundur lah gue nyamperin itu orang dan ngecek ternyata dia lvl 1. dia ngmg dgn polosnya di chat IC "aku di tipu sama id (lupa) katanya mau dianterin terus aku di eject diatas gunung" (Btw yang /eject dia gw sumpahin lo dapet kasus yang sama dan ga ditolong samsek sama admin, gaada taxi lo lari dah sana sampe Los Santos, Aamiin Ya Allah, Ya Rabbal 'Alamin, qobul Ya Ar Rahmar rahimin).

terus gue suruh naik mobil, setelah gue minta heal buat dia sama salah satu admin. singkat cerita kita saling ngobrol gw ajarin dia masalah chat ic dan ooc, dan merintahin dia buat chat pake /b untuk masalah ooc, gw juga kasi tau untuk baca rules dan guide biar ga kena report. dia cerita katanya nyewa vespa terus di NJ orang dan dicemplungin, disitu dia ga ngerti apa2 dia kira gapapa, terus gw kasi tau kalo itu bakal ada denda, dia ga ngerti command /stats, lo bayangin bener2 polos ni orang. lo bully juga dia diem aja.

karena gw lg situasi disitu, gw cuma kasi duit ke dia dan gw kasih nomor wa gw ke dia kalo mau nanya apa2 (tapi gatau sampe skrg ga wa wa).

 

Kita balik ya, ke diskusi.

Menurut lo newbie itu apa? Player baru? Pemain baru? Calon Pembullyan? Atau Pemain Baru yang baru masuk ke dunia SAMP? Atau pemain baru yang sudah masuk SAMP dan masuk ke server ini?

Sorry, gw ga akan ngeluarin statement ini kecuali dari statement lo akhir-akhir ini yang sering bilang "AH NEWBIE!" karena dia melakukan break rules.

Pantes? Oh iya, gue mau attach guide yang gue buat dah lama bet sebelum pensi, nih. 

 

Sebenernya itu guide dan diskusi. gw pen diskusi disitu, cuma orang-orang pada bilang "SETUJU FI SETUJU" bla bla bla bla. siapa yg minta disetujuin, gw cuma minta diskusi.

 

Ok balik lagi.

 

Apakah pantas newbie di /report? Sorry menurut gue nggak banget. Kalo emang bener-bener dia newbie, bukan fake. Kalau dia melakukan kesalahan yang ga mengganggu kalian, seperti Metagaming atau Mixxing, ya rules rules umum lah dan ga ngerugiin kalian, buat apa kalian /report? Mau cari muka?

Tunjukin motifnya, kita diskusi ini.

Dan apakah gelar "newbie" pantas diberikan kepada orang-orang yang melakukan break rules? Sorry, break rules gaada sangkut paut nya sama newbie. Kalo ngelanggar peraturan ya ngelanggar peraturan aja, gausa sebut sebut orang newbie. Iya kalo org nya ga tersinggung ok ok aja, kalo tersinggung?

Terakhir, bagaimana cara memperlakukan newbie?

Sebenernya buat gue ada 2 opsi, newbie yang mau belajar sama newbie yang niatnya cuma ngerusuh.

Kalo buat gue, newbie yang niatnya ngerusuh udah pantes dibanned tanpa basa basi.

Kecuali newbie yang mau belajar, buat gue ini tantangan sendiri buat lo lo orang yang udah PRO yang katanya RP nya ketaker or something like that untuk mengajarkan newbie tersebut.

Kan katanya jago, tapi ada newbie ngomong "pak ID 8 tadi mukul saya" kok langsung /b WOI MG SS'ED atau /b MG BRO, GUA REPORT YA.

 

Mau ngomong jorok ada censored word, jadi kita lgsg diskusi aja.

 

Inget, diskusi plis. Newbie aset kita, dia yang bikin rame server, lu orang yang senior udah pada sibuk kerja, kuliah dll. Mereka player sejati. Kita pernah ngerasain jadi newbie kan? Ada yang ngajarin kan? Kita kasih pengajaran balik buat mereka.

Dan gue bisa bilang yang ngeramein server itu newbie, karena newbie yang punya peluang jam tinggi diserver. Jadi inget masa muda gue pas SMP main di JG, sampe rela-relain ga jajan cuma buat isi biling di warnet dan main game. Apalagi @Rival Roynaldy sampe duit SPP dicolong buat donatur, haha.

 

Ok yuk diskusi. Kalo melanggar ketentuan diskusi silahkan di lock gapapa.

 

Tq.

  • Like 2
  • Top 6
  • Haha 1

Share this post


Link to post
Share on other sites

yap tidak masalah sih disini membahas tentang newbie, gua sih sering ketemu newbie dan dia gatau apa" sama sekali dan gua sih sering ingetin buat selalu baca rules dan guide. buat yang sering/pernah ngereport newbie yang break rules, tolong deh diingetin jangan langsung di report, karena newbie itu lagi berusaha untuk menyesuaikan dengan server jadi buat player tidak salah juga untuk mengajarkan/membimbing newbie itu biar ga break rules.

 

btw sih newbie ini skrng kebanyakan ada yg fake, yang dimana bikin char baru buat ngerusuh doang dan merasa bahwa dengan level 1 berarti bebas untuk break rules. newbie beneran sama fake newbie ini kadang agak berbanding jauh sih.

 

terakhir dari gua, jangan suka menjahilin/membully newbie yang mencoba bermain di server kita tercinta ini, karena mereka lah generasi selanjutnya untuk mengembangkan sekaligus meramaikan server ini, bisa dibilang newbie ini adalah generasi emas dan jangan diajarkan yang tidak", ketika kita yang sudah bisa roleplay/sudah lama di server ini suatu saat akan sibuk lalu pensiun dari game.. giliran mereka yang newbie lah saatnya untuk menggantikan posisi kita. jika kita melakukan hal kebaikan kepada newbie maka ujungnya pasti baik juga dan apabila sebaliknya maka server ini diisi oleh newbie" yang suka merusuh.

 

"apa yang kau tanam, itulah yang akan kau tuai."

  • Top 1

Share this post


Link to post
Share on other sites

Terlepas dari fake atau bener bener newbie, ada ciri cirinya kok. 

 

Buat lo yang pake pake ID baru terus pura2 jadi newbie, ditunggu kedatangannya. 

Share this post


Link to post
Share on other sites

nah gua dulu pas lagi baru barunya main SAMP terus lagi nyoba nyoba cmd terus nggak ngerti apa apa tiba tiba direport abuse terus ditemporary ban ama di warn itu termasuk perlakuan buruk ke Newbie ya?

Share this post


Link to post
Share on other sites
12 minutes ago, farhan_akbar said:

nah gua dulu pas lagi baru barunya main SAMP terus lagi nyoba nyoba cmd terus nggak ngerti apa apa tiba tiba direport abuse terus ditemporary ban ama di warn itu termasuk perlakuan buruk ke Newbie .

 

gangerti, emg cmd apa yg lu pake?

kalo ga ngerti apa2 -> /help -> disitu banyak command.

Lu ga ngerti apa2, trs coba2 cmd.

Terus cmd apa tu? 

Ato jan2 lu dikejar sm org atau polisi, terus lu pake anim ditembok buat sembuyi? Itu namanya bukan newbie, itu fake.

Explain, dude.

Share this post


Link to post
Share on other sites
42 minutes ago, Lutfi said:

 

gangerti, emg cmd apa yg lu pake?

kalo ga ngerti apa2 -> /help -> disitu banyak command.

Lu ga ngerti apa2, trs coba2 cmd.

Terus cmd apa tu? 

Ato jan2 lu dikejar sm org atau polisi, terus lu pake anim ditembok buat sembuyi? Itu namanya bukan newbie, itu fake.

Explain, dude.

dulu itu karena pertama kali gua main samp dan langsung main di JGRP. Terus gua nyoba pekerja mekanik lalu saya minta ajarin cara kerjanya sama orang bagaimana terus gua kurang ngerti ya gua peraktekin pake cmd /vm di kendaraan disekitar gua saat itu terus gua pilih engine eh keluar kayak loading gitu. Tiba tiba gua disamperin ama yang punya mobil terus gua direport abuse. Gitu sih dan saat itu baru level 1. Kalau saat itu gua memang real Newbie betul betul belum ngerti apa apa.

Share this post


Link to post
Share on other sites

Beruntung sih gua dulu pertama kali main di server ini diajak temen sekelas, dan juga ketemu player yang waras dan mau ngajarin newbie... Dari situ gua mulai betah, karena gua merasa kehidupan gua dibagi ke game.. Dapet tempat kembali ketika lelah dunia nyata. 

 

Bisa dibayangin pertama kali gua main, terus ketemu player yang rela pinjamin kendaraan nya, kasih kendaraan nya...walau gak harus memberi juga sih,minimal coba kamu RP sebagai orang baik dulu di depan si newbie..itu akan membuat dia,  'ah, enak ya disini...ga merasa sendiri'. 

 

Gua yakin yang suka bully newbie di dunia maya, ga cuma di server ini aja.. IRL dia terkucilkan di lingkungan nya.. Yakin gua (yang sesekali ngetroll sih mungkin ga ya, tapi ga sampe ninggalin diatas gunung juga kali) 

Share this post


Link to post
Share on other sites
35 minutes ago, ShutdowN said:

Gua yakin yang suka bully newbie di dunia maya, ga cuma di server ini aja.. IRL dia terkucilkan di lingkungan nya..

Nah ini sih sepertinya penyakit kehidupan yang dilampiaskan keGame.

Share this post


Link to post
Share on other sites

Saya kasih like kepada anda mas.

Share this post


Link to post
Share on other sites

Susah sih kalo nemunya player PPKO, salah dikit report dan maunya rules in, yang namanya manusia pasti tidak luput dari kesalahan kalau emang nemu player yang salah setidaknya di nasehatin dulu, apa sih ruginya ngenasehatin ? Kecuali klo sdh di nasehatin malah ngelunjak ya itu beda lagi urusannya.

 

Heran aja ama player" skrng yg apa" ngereport dengan masalah MG/Mixing dan minta ngerulesin, apalagi yang di report newbie trs langsung di jail, duh kesian cuy pasti newbie yg bneran baru main jadi males main yg mampir ke server kita.

Share this post


Link to post
Share on other sites

Saya beberapa kali menemui "Newbie" yang bener-bener gatau apa apa, kadang ketemu di jalan trus dia mixing dan MG manggil nama saya, beberapa juga meng-PM saya karena warna saya di tab sedikit berbeda dengan yang lain (warna duty SAFD). Disitu saya biasanya tidak langsung mereportnya, kalau memang dia lvl 1-2 saya bakal saranin untuk /tutorial, tapi kadang mereka terhambat sesuatu saat mereka sedang melaksanakan tutorial, entah motor di NJ lah, atau apalah, di situ bakal saya datengin dia, ya meskipun saya jadi harus break rules akhirnya. Kebanyakan mereka gatau cara bikin sim, tempatnya dimana, dll. Sehingga disini saya harus MG untuk mendatangi mereka untuk membimbing secara langung. Saya bimbing, tentang IC dan OOC, dan terus cara dapet duit, kadang juga ujung ujungnya saya beliin cabbie. Ya mereka memanglah para pemain baru, tapi merekalah generasi baru JGRP nantinya, kalau /tutorial belum bisa membuat mereka paham (atau mereka yang kurang memerhatikan tutorial dan malah asik jalan-jalan aja), ya seharusnya kita sebagai orang yang bisa dibilang lebih ahli dalam berrolplay harusnya membimbing mereka. Toh kalau mereka jadi paham rules, kita jadi nyaman main JGRPnya, gada yang rusuh, gaada yang report-reportan, semuanya tertib, kan asik. Paling ya ga asik buat staff karena ga dapet poin dari responding report, hahaha canda. Menurutku mereka harus Dilesatarikan, aset berharga bagi masa depan server ini.

 

 

 

Dulu saya waktu level 3 (gatau masih bisa dibilang newbie atau ga) saya memulai roleplay pertama saya mendaji supir truk. Saya gatau menahu dong kalau bawa crate harus pencet alt, di rules juga tidak tertulis detail, sehingga saya gatau kalau harus pencet alt. Disitu saya langsung direport tanpa basa basi, tiba tiba seorang admin datang lalu dia bilang "Tuh kan lari" dan admin tersebut langsung memberi warn dan menjail saya. Ini menurut saya perlakuan yang kurang pantas, harusnya kalau kita melihat seorang trucker yang mengangkat crate lari kita dekati dulu, kalau memang dia beberapa kali melakukannya dan saat kita mengawasinya dia tetap lari, berarti dia tidak tahu tentang role play trucker. Kalau tidak tahu ya harusnya dikasih tau, bukannya malah langsung direport. Kalau kita melihat orang yang ngangkat crate lari atau gaada RP tapi pas kita awasi dia tiba tiba jadi pakai alt dan pakai RP, itu jelas disengaja. jadi sebenarnya kelihatan mana yang sengaja break rule dan mana yang memang tidak tahu. Semoga player PPKO berkurang di server ini demi kedamaian hehe.

Share this post


Link to post
Share on other sites

Waktu awal2 bet maen dan gangerti sama sekali, btw di drl bkn disini, gw kebantu bgt sama temen yg ngajakin gw maen samp, jadi punya temen ooc pas awal2 penting bgt bagi gua, dia jelasin rule2 nya, apa ic ooc, trus gw jg bisa request admin/helper buat bantu gw jelasin dan admin nya luangin waktu nya buat ajarin gw doang, trus masi sering kena jail ooc di awal2 main krn break rules trus, soal nya masi ga ngerti samsek, di jail ooc malah membuat gw ngerti rules nya apa aja wkkwk.

 

Mnurut gua newbie yg beneran newbie seharusnya di pandu bkn di report, kalopun di report dia juga ga ngerti salah nya dimana, player ngajarin dan kalo bisa admin juga luangin waktu buat ajarin, tunjukin komunitas JG gimana, kalo newbie dari awal dapet impression yang baik, dia tau komunitas nya asik nih, dijamin bakal betah.

 

8 hours ago, Lutfi said:

Dan apakah gelar "newbie" pantas diberikan kepada orang-orang yang melakukan break rules? Sorry, break rules gaada sangkut paut nya sama newbie. Kalo ngelanggar peraturan ya ngelanggar peraturan aja, gausa sebut sebut orang newbie.

 

Dan ini bener bgt, terms newbie aga melenceng

Share this post


Link to post
Share on other sites

Menurut gua sih, gue pernah ngalamin jadi newbie, dimana gue blom tau /pay, trus mobil rusak, kadang-kadang admin juga ga ada hati nuraninya, newbie ga bisa pay kalo ga di fine di suruh tunggu sampe lvl 2, padahal itu udah mepet. Ya namanya kita manusia, beda-beda sifatnya, kalo dia psikopat ga akan peduli sesama, kalo dia hati malaikat, pasti dia kesentuh hatinya, dia ngebayangin kalo dia di posisi newbie tersebut.

Share this post


Link to post
Share on other sites
4 hours ago, ShutdowN said:

 

 

33 minutes ago, winstono. said:

Mnurut gua newbie yg beneran newbie seharusnya di pandu bkn di report, kalopun di report dia juga ga ngerti salah nya dimana, player ngajarin dan kalo bisa admin juga luangin waktu buat ajarin, tunjukin komunitas JG gimana, kalo newbie dari awal dapet impression yang baik, dia tau komunitas nya asik nih, dijamin bakal betah.

 

 Nah ini gua setuju, dia gak bakalan betah kalo apa" sama yang udah udh jago roleplay langsung ngereport newbie

 

Dan yaa kadang newbie" sekarang itu sengke sengke jadinya kita itu harus sabar buat ngehadepin newbie" sekarang

 

Untuk orang yang udah jago dalam roleplay kita harus sabar buat ngadepin newbie

Share this post


Link to post
Share on other sites
5 hours ago, farhan_akbar said:

dulu itu karena pertama kali gua main samp dan langsung main di JGRP. Terus gua nyoba pekerja mekanik lalu saya minta ajarin cara kerjanya sama orang bagaimana terus gua kurang ngerti ya gua peraktekin pake cmd /vm di kendaraan disekitar gua saat itu terus gua pilih engine eh keluar kayak loading gitu. Tiba tiba gua disamperin ama yang punya mobil terus gua direport abuse. Gitu sih dan saat itu baru level 1. Kalau saat itu gua memang real Newbie betul betul belum ngerti apa apa.

Kalo itu trmsk merugikan sih, kalo lu udh bs joinjob tandanya lu bkn newbie menurut gw. Kalo newbie rata2 blm tau apa itu job, cuma paling dia ngertinya muter2 doang

Cuma opini, mungkin bs diperdebatin.

4 hours ago, ShutdowN said:

Beruntung sih gua dulu pertama kali main di server ini diajak temen sekelas, dan juga ketemu player yang waras dan mau ngajarin newbie... Dari situ gua mulai betah, karena gua merasa kehidupan gua dibagi ke game.. Dapet tempat kembali ketika lelah dunia nyata. 

 

Bisa dibayangin pertama kali gua main, terus ketemu player yang rela pinjamin kendaraan nya, kasih kendaraan nya...walau gak harus memberi juga sih,minimal coba kamu RP sebagai orang baik dulu di depan si newbie..itu akan membuat dia,  'ah, enak ya disini...ga merasa sendiri'. 

 

Gua yakin yang suka bully newbie di dunia maya, ga cuma di server ini aja.. IRL dia terkucilkan di lingkungan nya.. Yakin gua (yang sesekali ngetroll sih mungkin ga ya, tapi ga sampe ninggalin diatas gunung juga kali) 

Kita hampir memiliki situasi yang smaa, pertama kali main game gue juga gitu haha. Diajakin tmn sekelas, ketemu nya sama org2 yg baik, msh jaman2 demo didepan Fish Factory wkwkw. Semoga bisa saling membantu newbie, kita kembalikan kejayaan.

 

1 hour ago, aprayugo said:

Saya beberapa kali menemui "Newbie" yang bener-bener gatau apa apa, kadang ketemu di jalan trus dia mixing dan MG manggil nama saya, beberapa juga meng-PM saya karena warna saya di tab sedikit berbeda dengan yang lain (warna duty SAFD). Disitu saya biasanya tidak langsung mereportnya, kalau memang dia lvl 1-2 saya bakal saranin untuk /tutorial, tapi kadang mereka terhambat sesuatu saat mereka sedang melaksanakan tutorial, entah motor di NJ lah, atau apalah, di situ bakal saya datengin dia, ya meskipun saya jadi harus break rules akhirnya. Kebanyakan mereka gatau cara bikin sim, tempatnya dimana, dll. Sehingga disini saya harus MG untuk mendatangi mereka untuk membimbing secara langung. Saya bimbing, tentang IC dan OOC, dan terus cara dapet duit, kadang juga ujung ujungnya saya beliin cabbie. Ya mereka memanglah para pemain baru, tapi merekalah generasi baru JGRP nantinya, kalau /tutorial belum bisa membuat mereka paham (atau mereka yang kurang memerhatikan tutorial dan malah asik jalan-jalan aja), ya seharusnya kita sebagai orang yang bisa dibilang lebih ahli dalam berrolplay harusnya membimbing mereka. Toh kalau mereka jadi paham rules, kita jadi nyaman main JGRPnya, gada yang rusuh, gaada yang report-reportan, semuanya tertib, kan asik. Paling ya ga asik buat staff karena ga dapet poin dari responding report, hahaha canda. Menurutku mereka harus Dilesatarikan, aset berharga bagi masa depan server ini.

 

 

 

Dulu saya waktu level 3 (gatau masih bisa dibilang newbie atau ga) saya memulai roleplay pertama saya mendaji supir truk. Saya gatau menahu dong kalau bawa crate harus pencet alt, di rules juga tidak tertulis detail, sehingga saya gatau kalau harus pencet alt. Disitu saya langsung direport tanpa basa basi, tiba tiba seorang admin datang lalu dia bilang "Tuh kan lari" dan admin tersebut langsung memberi warn dan menjail saya. Ini menurut saya perlakuan yang kurang pantas, harusnya kalau kita melihat seorang trucker yang mengangkat crate lari kita dekati dulu, kalau memang dia beberapa kali melakukannya dan saat kita mengawasinya dia tetap lari, berarti dia tidak tahu tentang role play trucker. Kalau tidak tahu ya harusnya dikasih tau, bukannya malah langsung direport. Kalau kita melihat orang yang ngangkat crate lari atau gaada RP tapi pas kita awasi dia tiba tiba jadi pakai alt dan pakai RP, itu jelas disengaja. jadi sebenarnya kelihatan mana yang sengaja break rule dan mana yang memang tidak tahu. Semoga player PPKO berkurang di server ini demi kedamaian hehe.

 

Pengalaman yang menyenangkan, senang bertemu dgn kamu. Terima kasih dan lanjutkan tugas mu.

2 hours ago, Sinatrio said:

Saya kasih like kepada anda mas.

Apa u

 

2 hours ago, IrfanPranatha said:

Susah sih kalo nemunya player PPKO, salah dikit report dan maunya rules in, yang namanya manusia pasti tidak luput dari kesalahan kalau emang nemu player yang salah setidaknya di nasehatin dulu, apa sih ruginya ngenasehatin ? Kecuali klo sdh di nasehatin malah ngelunjak ya itu beda lagi urusannya.

 

Heran aja ama player" skrng yg apa" ngereport dengan masalah MG/Mixing dan minta ngerulesin, apalagi yang di report newbie trs langsung di jail, duh kesian cuy pasti newbie yg bneran baru main jadi males main yg mampir ke server kita.

Manusia JGRP skrg berfikir ingin berkuasa, tidak perduli newbie atau tidak. Yang hanya dia fikir, dia ingin berkuasa diatas orang lain, sudah titik.

 

46 minutes ago, winstono. said:

Waktu awal2 bet maen dan gangerti sama sekali, btw di drl bkn disini, gw kebantu bgt sama temen yg ngajakin gw maen samp, jadi punya temen ooc pas awal2 penting bgt bagi gua, dia jelasin rule2 nya, apa ic ooc, trus gw jg bisa request admin/helper buat bantu gw jelasin dan admin nya luangin waktu nya buat ajarin gw doang, trus masi sering kena jail ooc di awal2 main krn break rules trus, soal nya masi ga ngerti samsek, di jail ooc malah membuat gw ngerti rules nya apa aja wkkwk.

 

Mnurut gua newbie yg beneran newbie seharusnya di pandu bkn di report, kalopun di report dia juga ga ngerti salah nya dimana, player ngajarin dan kalo bisa admin juga luangin waktu buat ajarin, tunjukin komunitas JG gimana, kalo newbie dari awal dapet impression yang baik, dia tau komunitas nya asik nih, dijamin bakal betah.

 

 

Dan ini bener bgt, terms newbie aga melenceng

Dicariin sama Annike,kalo main gta jangan bawa2 mesin pintu kapal. Dia lg bikin kapal.

15 minutes ago, Oktavia_Herrera said:

 

 Nah ini gua setuju, dia gak bakalan betah kalo apa" sama yang udah udh jago roleplay langsung ngereport newbie

 

Dan yaa kadang newbie" sekarang itu sengke sengke jadinya kita itu harus sabar buat ngehadepin newbie" sekarang

 

Untuk orang yang udah jago dalam roleplay kita harus sabar buat ngadepin newbie

Beda bro, kalo sengkenya sampe nge DM lu, itu ribet. Jadi kalo ga ngerugiin orang lain, atau diri kita sendiri. ngapain di report? itu cuma berfikir rasa kemanusiaan aja si.

Share this post


Link to post
Share on other sites

Join the conversation

You can post now and register later. If you have an account, sign in now to post with your account.
Note: Your post will require moderator approval before it will be visible.

Guest
Reply to this topic...

×   Pasted as rich text.   Paste as plain text instead

  Only 75 emoji are allowed.

×   Your link has been automatically embedded.   Display as a link instead

×   Your previous content has been restored.   Clear editor

×   You cannot paste images directly. Upload or insert images from URL.


×
×
  • Create New...